Ada 2,3 Juta Formasi untuk CASN di 2024, Peserta Seleksi Bisa Ikhtiar Lewat Ini

Ilustrasi peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Jakarta - Presiden RI Jokowi mengumumkan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 dengan total kebutuhan mencapai 2.302.543. Pemerintah disebut akan berikan porsi besar bagi lulusan baru universitas.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb) Abdullah Azwar Anas menjelaskan sebanyak 2.302.543 itu akan difokuskan pada pelayanan dasar. Dari jumlah itu, sebanyak 690.822 di antaranya untuk fresh graduate.

"Dengan beberapa tempat yang memang membutuhkan fresh graduate yaitu totalnya 690.822 formasi yang diumumkan dan ditetapkan oleh bapak Presiden," kata Azwar Anas, Sabtu, 20 Januari 2024.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Dengan kebutuhan itu, tes CASN akan jadi tantangan serius bagi para pelamar yang punya cita-cita jadi bagian birokrasi negara. Salah satu yang jadi perhatian peserta seleksi adalah jenis ujian CASN.

Jenis ujian CASN sebagai salah satu yang paling kompleks sehingga menuntut persiapan matang. Upaya mengatasi itu, peserta seleksi biasanya ikhtiar dengan cara mengikuti bimbingan belajar atau bimbel.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Chief Operational Officer (COO) Akses Education Centre Nur Azis menjelaskan bimbel menyediakan panduan belajar yang terarah. Pembelajaran dalam ujian itu disesuaikan dengan kurikulum tes.

Dok. Ribuan peserta mengikuti tes SKD CPNS 2020 di Gelanggang Remaja Surabaya.

Photo :
  • ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

Dia menuturkan dalam bimbel yang dilakukan pihaknya menyediakan tenaga pengajar yang berpengalaman. Dengan demikian, diharapkan bisa berikan wawasan dan strategi khusus untuk menghadapi setiap bagian tes.

Menurut dia, keunggulan bimbel lain menyediakan sesi diskusi dan tanya jawab yang memungkinkan peserta untuk memahami konsep yang sulit. Dengan sistem itu diharapkan bisa mendapatkan klarifikasi secara langsung dengan pengajar.

Kata Nur, Akses Education Centre juga jadi tempat bimbel CASN dan Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang sudah terpercaya selama 18 tahun. Ia menyebut bimbel pihaknya punya angka kelulusan yang tinggi dari tahun ke tahun.

“Pada tahun 2014, jumlah peserta bimbel Akses naik hanya sekitar 400 peserta dan pada tahun 2023 total peserta sudah mencapai angka ratusan ribu peserta," kata Nur Aziz, dalam keterangannya dikutip pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Dia menyebut angka kelulusan itu terus bertambah di setiap tahunnya. Ia menekankan, dari segi materi akan selalu ada penyesuaian dari tahun ke tahun.

Lebih lanjut, dia menambahkan, dengan pendekatan yang tepat maka dukungan dari bimbel Akses, para calon peserta bisa menghadapi tes dengan percaya diri. Hasilnya pun bisa dengan yang terbaik.

“Peserta bimbel diberikan banyak soal ter-update dengan berbasiskan CAT dan berstandar HOTS' sehingga mereka lebih matang dalam menghadapi ujian CASN," jelas Nur Aziz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya