Blak-blakan Luhut Pandjaitan Sebut Tom Lembong Pernah Dikasih Tugas Sama Jokowi tapi Tak Selesai

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko MarvesLuhut Binsar Pandjaitan, buka-bukaan mengenai masa lalu Co-captain Timnas Pemenangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar atau Amin, Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Untuk diketahui, Tom Lembong sempat menjadi Menteri Perdagangan/ Kepala BKPM di kabinet Presiden Jokowi periode pertama. 

Kata Luhut, Presiden Jokowi pernah memberikan tugas kepada Tom Lembong untuk menyelesaikan online single submission (OSS). Tom Lembong pun pernah curhat ke Luhut mengena tugas itu.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Waktu anda di BKPM, apa yang anda lakukan coba? Anda kan yang ditugaskan untuk OSS? Saya ingat betul itu, bagaimana anda curhat ke saya," kata Luhut dikutip dari video di akun Instagram @luhut.pandjaitan, dikutip Rabu, 24 Januari 2024. 

Meski begitu, Luhut menjelaskan bahwa tugas itu tidak pernah diselesaikan oleh Tom Lembong sampai akhirnya dia meninggalkan kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Sebaliknya, Luhut mengungkap, tugas untuk menyelesaikan OSS itu justru selesai setelah Tom Lembong tidak menjabat menteri lagi. 

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Tapi itu kan sampai anda meninggalkan kabinet, tidak pernah selesai. Sekarang kami yang menyelesaikan itu, online single submission (OSS), itu yang sudah digadang-gadang segala macam," ucapnya.

Berkaca dari peristiwa itu, Luhut lantas meminta Tom Lembong untuk refleksi diri mengenai apa yang dia lakukan di masa lalu, terutama saat masih menjadi bagian dari kabinet. 

"Anda harus refleksi juga apa sih yang anda lakukan sebagai Menteri Perdagangan, sebagai Kepala BKPM," kata dia.

"Saya hanya ingin sampaikan, kita sudahlah kalau sudah selesai, masa kita sudah semua, tidak perlu kita ceritakan kita yang paling bagus, karena kita. Itu terjadi semua karena hasil kerja teamwork," pungkas Luhut. 

Nama Tom Lembong mencuat di debat keempat Pilpres 2024, usai disinggung oleh cawapres Gibran Rakabuming Raka. Setelah itu, Tom Lembong menanggapi dengan menyebut kalau dia dulu yang memberi contekan kepada ayahnya Gibran, yang merupakan Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya