Sentil Tom Lembong, Luhut: Menlu Retno Paling Banyak Kasih Contekan ke Pak Jokowi

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id.

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko MarvesLuhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Presiden Jokowi lebih banyak mendapatkan contekan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Selain itu sudah menjadi tugas menteri, pembantu Presiden.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Hal itu disampaikan Luhut merespons pernyataan Co-captain Timnas Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar atau Amin, Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong. Tom Lembong mengutarakan dirinya memberi contekan ke Presiden Jokowi, usai disinggung oleh cawapres Gibran Rakabuming Raka, dalam debat keempat Pilpres 2024.

Luhut pun meminta Tom Lembong untuk tidak terlalu geer karena telah membantu dan memberikan contekan ke Jokowi bertahun-tahun.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Anda jangan geer juga bilang kasih note ke ayahnya Mas Gibran (Jokowi), emang hanya Tom Lembong saja? Yang paling banyak kasih note kepada Presiden itu adalah Menteri Luar Negeri Ibu Retno," ucap Luhut dikutip dari video di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Rabu, 24 Januari 2024.

Kata Luhut, Retno selalu memberikan contekan dan catatan kepada Presiden Jokowi setiap agenda pertemuan bilateral. Suatu hal yang sangat wajar menurut Luhut, jika seorang menteri memberikan contekan maupun catatan untuk Presiden. Sebab, menteri merupakan pembantu Presiden.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

"Setiap bilateral itu beliau (Menlu Retno) yang berikan itu (contekan) dan itu bukan terjadi pada Presiden Jokowi saja. Semua kepala negara itu kalau bilateral pasti ada yang di belakangnya yang kasih note itu," jelas Luhut. 

Sebelumnya diberitakan, Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Cak Imin, Thomas Lembong atau Tom Lembong merespons terkait namanya yang disebut berkali-kali oleh calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat debat. Gibran saat itu menuding cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendapat contekan dari Tom Lembong. Selain itu, Gibran juga mempertanyakan apakah Cak Imin anti nikel.

"Saya sangat mengapresiasi ucapan mas Gibran yang berkali-kali menyebut nama saya. Tentunya selama 7 tahun saya membuat contekan dan menulis pidato dan materi bicara bagi ayahnya, pak Presiden," kata Tom dalam dialog ‘Your Money Your Vote CNBC Indonesia’, dikutip Senin, 22 Januari 2024.

Tom diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di pemerintahan Presiden Jokowi. Menurut Tom, penyebutan namanya itu mungkin juga adalah karena rindu.

"Dan saya bisa mendeteksi sebuah rasa rindu mungkin ya bahwa saya tidak lagi di situ untuk memberikan masukan-masukan yang berkualitas. Tapi sekarang yang menerima manfaat daripada masukan saya adalah Pak Anies dan Pak Muhaimin. Jadi saya sangat mengapresiasi,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya