Dugaan Kecurangan Penerimaan PPPK, Poldasu Dikabarkan Amankan KA BKPSDM dan Kadisdik Batubara

Ilustrasi artis ditangkap polisi.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Nasional – Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut dikabarkan mengamankan Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia) dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kab Batubara, pada Senin awal pekan ini. 

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Kedua pejabat itu diamankan terkait dugaan pengutipan uang dari para peserta ujian PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) se Kabupaten Batubara.

Selain Kepala BKPSDM inisial MD dan Kadis Pendidikan AH, Sekretaris Dinas Pendidikan inisial DT dan Ketua Panitia CASN inisial RA dikabarkan juga ikut diperiksa. 

Momen Haru Siraman dan Pengajian Putri Isnari: Persiapan Menuju Pelaminan

Polda Sumatera Utara

Photo :
  • ANTARA

Melalui informasi yang diperoleh, dugaan pungli itu terendus polisi atas laporan oknum-oknum peserta PPPK.

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara

Dalam laporan, ada peserta PPPK yang tidak lulus namun dengan "penyetoran" uang sehingga yang bersangkutan dinyatakan lulus.

"Kecurigaan muncul ketika ada peserta PPPK yang sebelumnya tidak lulus kok bisa lulus sehingga peserta lainnya menjadi curiga dan melaporkan ke polisi," ujar sumber yang tidak bersedia disebut identitasnya, dilansir Sabtu, 3 Februari 2024.

Belum diketahui berapa besaran dana yang dikutip untuk meloloskan peserta PPPK tersebut. "Kalau nilainnya tidak tahu pasti namun infonya bervariasi puluhan juta rupiah juga per orang," sebutnya.

Sementara itu, diperoleh informasi AH menjabat Kepala Dinas Pendidikan Batubara pada tahapan SKTT PPPK tahun 2023.

Terkait pemeriksaan DT yang bersangkutan pada proses seleksi berlangsung sebagai plt Disdik Batubara yang kemudian digantikan AH dan kembali menduduki jabatan sebagai Sekretaris Kadisdik.

Saat seleksi penerimaan PPPK itu, Ir. Zahir masih menjabat sebagai Bupati Batubara.

Sementara itu, Kabid Humas Poldasu Kombes Hadi Wahyudi yang dikonfirmasi soal diamankannya oknum Kepala BKPSDM dan Kadis Pendidikan Kab Batubara itu mengatakan, penyidik Ditreskrimsus Poldasu masih melakukan penyelidikan.

Ilustrasi artis ditangkap polisi.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Tidak diamankan tapi masih dilakukan penyelidikan," ujar Kombes Hadi.

Juru bicara Poldasu itu tidak menampik terhadap keduanya dilakukan pemeriksaan. "Yah prosesnya masih seperti itu," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Batubara AH saat dikonfirmasi tidak menjawab, sementara dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, namun hanya centang satu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya