Komjen Fadil Imran Sebut Konten Hoaks Menurun Jelang Hari H Pemilu

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran
Sumber :
  • IG Baharkam Polri

Semarang – Kabaharkam Polri Komjen Muhammad Fadil Imran mengungkapkan data terkait konten hoaks menjelqng hari H pencoblosan Pemilu 2024. Berdasar data yang diterima, kata Fadil, penyebaran konten hoaks cenderung menurun secara kuantitas meskipun ada beberapa kasus yang membutuhkan perhatian.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Hal itu disampaikannya kepada media di Semarang, setelah melakukan supervisi Dalmas Nusantara, di Lapangan Simpang Lima Kota Semarang, Sabtu, 3 Februari 2023.

"Data akhir tahun kemari  secara kuantiti menurun tetapi memang ada beberapa kasus hoax yang mendapatkan perhatian. Kita menyiapkan operasi dalam menanggulangi hoaks selama pemilu 2024. Yaitu operasi satgas Mantap Brata Polri berupa Satgas Gakkum konvensional maupun siber. Lalu masuk ke Operasi Nusantara Colling System yang targetnya melalukan reduksi berita hoaks," tegasnya.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran mengecek apel kesiapan personel Polri

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Dalam supervisi Dalmas Nusantara di Semarang, Komjen Muhammad Fadil Imran didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi melakukan supervisi dengan format apel kesiapan personel dan peralatan.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Ratusan personel Polda Jateng yang hadir menunjukkan kesiapannya melalui penggelaran kelengkapan serta peragaan pengamanan yang melibatkan berbagai perlengkapan canggih termasuk penggunaan helikopter.

Kabaharkam mengingatkan bahwa fungsi Sabhara melaksanakan tugas-tugas preventif dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang meliputi pengawalan dan pengamanan logistik pemilu, sterilisasi kegiatan, pengaturan, penjagaan dan patroli  untuk mencegah berbagai gangguan Kamtibmas.

Fungsi ini, lanjutnya, merupakan ujung tombak fungsi preventif yang direpresentasikan dalam bentuk kehadiran personel yang selalu hadir di tengah masyarakat untuk melaksanakan patroli dan berbagai tugas lainnya.

Kehadiran polri di tengah masyarakat,  lanjut Kabaharkam, akan berdampak pada tumbuhnya rasa nyaman dan kesejukan di tengah-tengah masyarakat

"Berdasar data ditemukan fakta bawa ada korelasi antara peningkatan kehadiran polisi di masyarakat dalam bentuk patroli dan sebagainya dengan menurunnya gangguan Kamtibmas," kata Fadil.

Ia mengapresiasi atas kesiapan Polda Jateng dalam menggelar kesiapan personel, peralatan, logistik serta operasional dalam rangka mengamankan Pemilu.

"Secara umum kesiapan yang ada juga sudah siap untuk mengamankan pemilu, bahkan bila terjadi peningkatan eskalasi. Jajaran Sabhara secara nasional juga sudah siap mengamankan tahapan inti Pemilu," tegasnya.

(Teguh Joko Sutrisno)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya