Debat Capres 2024

Cek Fakta: Anies Sebut 70 Juta Orang Belum Terjamin dalam Jaminan Sosial

Anies Baswedan.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Jakarta – Debat Pilpres 2024 seri kelima digelar pada hari ini, Minggu, 4 Februari  2024. Debat digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta ini mempertemukan ketiga capres, yakni capres nomor urut 01 Anies Baswedan, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Tema debat capres kali ini tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. Sebanyak 11 pakar dari bidang-bidang terkait tema debat dipilih sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan.

Anies Baswedan.

Photo :
  • Tangkapan layar.
Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Dalam debat kelima ini, capres nomor urut 01 Anies Baswedan dalam menyampaikan visis misi nya menyebut 70 Juta orang belum terjamin dalam jaminan sosial.

Cek Fakta

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Mengutip data Survei Angkatan Kerja Nasional BPS per Februari 2023, jumlah penduduk bekerja sebanyak 138,63 juta orang. Namun, dari jumlah tersebut, yang menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan baru 41,6  juta orang per Desember 2023 (97 Juta yang belum). BPS menyebut Target pada tahun 2024 berjumlah 53,96 Juta.

Perlu diketahui, BPJS Ketenagakerjaan juga tetap mendorong perusahaan besar untuk mengikutsertakan seluruh ekosistem perusahaannya. BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan berbagai kemudahan pembayaran iuran, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pengawasan guna meningkatkan kepatuhan peserta.

Peningkatan kepesertaan tersebut diharapkan bisa menambah penerimaan iuran BPJS Ketenagakerjaan pada tahun ini yang ditargetkan mencapai Rp107,86 triliun.

Sebagai informasi tambahan, merujuk basis data Kementerian Ketenagakerjaan, terdapat 40,2 juta peserta aktif jaminan sosial tenaga kerja per September 2023. Jumlah ini naik sekitar 12 persen jika dibandingkan dengan Desember tahun lalu. Jika ditarik tren waktu lebih panjang, peningkatan jumlah peserta aktif mencapai 226 persen dibandingkan tahun 2013 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya