Anies Bakal Bentuk Kementerian Kebudayaan Jika Jadi Presiden

Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan, Pemerintah harus menjadi motor utama dalam pengembangan kebudayaan di Indonesia. Karena itu jika dia terpilih, kementerian kebudayaan akan diberi tugas khusus dalam mewujudkan hal tersebut.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Hal itu disampaikan Anies menanggapi pernyataan calon Presiden, Ganjar Pranowo dalam debat kelima yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta Conventional Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu malam, 4 Februari 2024.

Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Budaya itu bukan hanya dirawat karena jadi seakan2 warisan masa lalu saja. Budaya itu harus dikembangkan," ujar Anies.

Anies pun menegaskan, dengan peran lebih pemerintah tersebut terhadap menggenjot kebudayaan. Ide dan kreativitas para kalangan budayawan akan lebih berkembang.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

"Karena itu kami berencana kementerian kebudayaan yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara untuk kalangan budayawan  akan mereka tumbuh berkembang membagun kebudayaan yang luar biasa," ungkapnya.

Anies Baswedan, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut, Anies menegaskan, kekayaan Indonesia adalah justru ada pada kebudayaannya. Dan kebudayaan itu bukan satu sektor pembangunan, tapi justru seluruh kegiatan pembangunan ini tujuannya adalah membangun kebudayaan.

"Jadi tujuan dari seluruh sektor pembangunan membangun kebudayaan. Karena itu, yang harus dikerjakan pemerintah adalah menciptakan sistem ekstem yang sehat, sehingga budayawan bisa memunculkan ekspresinya," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya