7 Negara yang Takut dengan Kekuatan Militer Indonesia, Termasuk Israel dan Vanuatu

VIVA Militer: Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat
Sumber :
  • Website TNI AD

Jakarta – Indonesia merupakan salah satu negara yang patut diperhitungkan di dunia internasional. Sebab, Indonesia menjadi salah satu negara besar dengan populasi penduduk yang sangat banyak. Karena itu, Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang disegani di dunia militer

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Menariknya, sejumlah negara di dunia disebut-sebut ketakutan kala melihat kekuatan militer Indonesia. Hal ini karena Indonesia bisa menduduki posisi strategis di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, menurut Global Firepower, Indonesia berada di urutan 13 negara terkuat di dunia. 

Kekuatan ini tentu saja berkat dukungan dari militer Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang dimiliki Indonesia. Bukan hanya itu saja, Indonesia juga memiliki pasukan elit khusus yang oleh militer di negara lain di seluruh dunia. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Pasukan khusus tersebut terdiri atas Kopassus di TNI Angkatan Darat, Kopaska di TNI Angkatan Laut, dan Kopasgat di TNI Angkatan Udara. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan negara-negara di dunia yang takut dengan kekuatan militer Indonesia. 

1. Vanuatu

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman

Photo :
  • UN

Vanuatu sempat menyerang Indonesia dalam sidang PBB soal pelanggaran HAM di Papua. Aksi yang dilakukan perwakilan negara di sebelah timur Australia ini mendapat reaksi keras dari warganet Indonesia yang terkenal sangat kejam ketika memberikan hujatan. 

Warganet Indonesia berhasil melakukan serangan di media sosial mereka hingga trending. Menariknya, akun promosi pariwisata milik Vanuatu harus ditutup karena derasnya hujatan. Bahkan, tidak sedikit warga Vanuatu yang terserang mentalnya akibat hujatan tersebut. 

2.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim

Photo :
  • Dok Anwar Ibrahim

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Malaysia sebenarnya terjalin dengan baik. Namun, hubungan Indonesia dan Malaysia sendiri sering pasang surut karena klaim mengklaim. Meski demikian, kedua negara ini tetap menjaga hubungan baik karena sangat bersahabat. 

Sementara itu, melihat dari sisi kekuatan militer yang dimiliki Indonesia, sejatinya kekuatan militer negeri Jiran Malaysia berada jauh di bawah. Menurut rilis dari Global Fire Power pada 2023, Malaysia menempati urutan 42 dari 145 negara. 

Pemimpin junta militer Myanmar, Than Shwe

Photo :
  • matanews

Seperti diketahui, Myanmar rupanya sempat membenci Indonesia. Bukan tanpa alasan, kebencian Myanmar terhadap Indonesia ini bermula dari isu para pengungsi Rohingya yang diusir paksa oleh pemerintah Myanmar karena dianggap bukan suku asli Myanmar. 

Karena itu, Indonesia sempat membawa kasus tersebut ke meja rapat PBB. Meski sempat berseteru, negara tetangga Indonesia ini tetap takut dengan kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia. Apalagi, pemerintahan mereka pun masih gonjang-ganjing sampai saat ini. 

Netanyahu (Doc: Anadolu Ajansi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Negara yang satu ini adalah musuh abadi Palestina dan selalu mendapatkan dukungan penuh dari negara-negara muslim di dunia, termasuk Indonesia. Apalagi, Israel telah membombardir Gaza hingga menewaskan lebih dari 25 ribu jiwa, termasuk anak-anak dan perempuan. 

Kini, Israel sering membandingkan kekuatan militernya dengan Indonesia. Tentu saja, kekuatan yang dimiliki Indonesia berada jauh di atas Israel karena menempati posisi 15 besar. Sementara itu, Israel sendiri hanya berhasil melaju di posisi ke-18 terkuat di dunia. 

5. Belanda

Kunjungan Raja dan Ratu Belanda di Indonesia

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Belanda juga disebut-sebut sebagai salah satu negara yang takut dengan Indonesia. Bukan tanpa alasan, hal ini karena mereka sempat merasakan perlawanan ketika melakukan penjajahan di masa lalu. Selain itu, posisi militer Indonesia juga jauh berada di atas Belanda yang hanya menempati urutan ke-38 di dunia. 

6. Australia

Pemimpin Partai Buruh sekaligus Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

Photo :
  • AP/Joel Carrett.

Negara tetangga yang satu ini juga tampaknya sudah takut dengan kekuatan militer yang dimiliki Indonesia saat ini. Hal ini karena jumlah penduduk yang sangat banyak dan kekuatan militer yang dimiliki Indonesia. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, menjadikan Australia segan dengan Indonesia. 

7. Timor Leste

PM Timor Leste Xanana Gusmao.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Tentu saja, negara yang sudah lepas dari Indonesia ini juga merasa was-was ketika melihat kekuatan militer yang dimiliki Indonesia. Setelah memilih berpisah dari Indonesia, hubungan antara keduanya semakin renggang dan kembali baik. Kekuatan militer Indonesia ditakuti Timor Leste karena kekuatan yang mereka miliki jauh berada di bawah Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya