Baru Dilantik Bripda, Pangkat Anggota Polda Bengkulu Ini Berubah Jadi Jenderal Bintang 4

Anggota Polisi Polda Bengkulu
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Bengkulu – Pangkat seorang anggota polisi terdiri atas beberapa tahap yang cukup banyak. Seleksi untuk menjadi anggota polisi juga cukup beragam, mulai dari Bintara Polisi atau Brigadir, Bintara Khusus Penyidik Pembantu, Tamtama, dan Akademi Polisi (Akpol).

3 Orang Ditangkap di Karawang dan Bandung Buntut Terlibat Perdagangan Bayi

Seseorang yang telah mengikuti  salah jenis seleksi tersebut akan langsung mendapatkan pangkat di kepolisian. Misalnya anggota yang telah menyelesaikan pendidikan Bintara Polisi maka akan langsung menyandang pangkat sebagai brigadir polisi dua (bripda). 

Begitu pula dengan Bintara Khusus Penyidik Pembantu, Tamtama, maupun Akpol. Namun, berbeda dengan seorang bintara polisi yang viral beberapa waktu lalu. Bagaimana tidak, seorang polisi yang mengikuti seleksi bintara ini langsung meraih pangkat jenderal bintang 4

Tamara Tyasmara, Ahli Renang Hingga Guru Sekolah Diperiksa Kasus Kematian Dante Siang Ini

Anggota Polisi Polda Bengkulu

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Tentu saja, hal ini menjadi sorotan bagi para komandang yang menjadi atasan dari anggota tersebut. Melansir dari akun TikTok @pujiprayitno_21,  bintara remaja tersebut menjadi sorotan setelah dirinya dicap sebagai perwira tinggi meski baru dilantik. 

Tamara Tyasmara Murka saat Tahu Yudha Arfandi Bunuh Dante, Langsung Minta Putus

Alasan bintara polri yang bertugas di Polda Bengkulu tersebut dikatakan berpangkat jenderal bintang 4 karena bernama Laksamana. Sebab, Laksamana sendiri merupakan sebutan untuk jenderal bintang 4 di lingkungan TNI Angkatan Laut

Walaupun pangkat tersebut hanya disematkan untuk perwira tinggi di TNI Angkatan Laut, namun sosoknya justru masuk sebagai anggota polisi di Polda Bengkulu. Ia juga sempat diminta sang komandan untuk memimpin simulasi pengamanan TPS. 

Anggota Polisi Polda Bengkulu

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

“Yang merasa namanya Jenderal maju ke depan, sini. Laksamana itu bintang berapa, bintang empat. Coba arahkan temanmu, kita mau arahkan PAM TPS,” kata sang komandan seperti dilansir akun TikTok tersebut pada Senin, 12 Februari 2024. 

"Siap komandan," balas Laksamana.

Komandan dari bintara polisi tersebut kemudian menyuruh Laksamana untuk simulasi menjadi polisi berpangkat kombes. Ketika momen tersebut terjadi, Laksamana bersama rekannya yang lain sedang melaksanakan apel bersama para perwira. 

Namun, Laksamana terlihat cukup gugup sampai terlihat kaku ketika memberikan instruksi kepada anak buahnya. Ia pun diminta untuk lebih santai karena ia harus memperlihatkan sikap sebagai seorang kombes ketika simulasi dilakukan. 

"Hei kau sebagai komandan kau sebagai kasatgas yang rileks, sambil jalan-jalan. Kau sebagai komandan kasatgas. Jalannya yang santai kau sebagai kombes," ucap komandan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya