Masuki Masa Tenang Pemilu, Bawaslu beserta Satpol PP Lakukan Penertiban APK di Bandung

Masuki Masa Tenang Pemilu, Bawaslu beserta Satpol PP Lakukan Penertiban APK di B
Sumber :
  • Bawaslu

Bandung – Pada masa tenang, anggota Bawaslu Lolly Suhenty beserta anggota Bawaslu Jawa Barat, Kota Bandung, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). Dalam kegiatan ini, Bawaslu dan 2700 petugas Satpol PP menurunkan APK hingga kurang dari satu hari sebelum pemungutan suara.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Seluruh alat peraga kampanye harus dilepas karena sekarang sudah memasuki masa tenang. Saat bersama Satpol PP melakukan penertiban APK di Bandung pada Minggu dini hari, Lolly menyatakan bahwa dalam situasi saat ini, mungkin tidak mungkin untuk menyelesaikannya dalam satu hari. Oleh karena itu, mereka akan melakukannya secara bertahap, dilansir dari Bawaslu..

“Sekarang sudah memasuki masa tenang, maka seluruh alat peraga kampanye harus diturunkan. Mungkin dalam situasi hari ini tidak mungkin satu hari akan selesai, maka kita akan lakukan secara bertahap,” ujar Lolly saat bersama Satpol PP melakukan penertiban APK di Bandung pada Minggu 11 Februari 2024 dini hari.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Masuki Masa Tenang Pemilu, Bawaslu beserta Satpol PP Lakukan Penertiban APK di B

Photo :
  • Bawaslu

Lolly juga mendorong partai politik untuk melakukan penertiban APK secara mandiri. 

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

“Sangat baik jika partai yang menurunkan, mungkin masih bisa digunakan seperti bendera partai. Karena tahapannya itu berisikan dengan pilkada maka kalau dari partai yang menurunkan tentu akan bisa dimanfaatkan,” katanya.

Menurut Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi, dan Hubungan Masyarakat ini, penertiban APK berlaku untuk APK fisik dan digital, seperti yang diatur dalam PKPU.

“Untuk digital Bawaslu dengan patroli pengawasan siber itu untuk memastikan bahwa seluruh masa tenang berjalan dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Lolly.

Dia berharap wilayah lain dapat meniru penertiban ini, sehingga seluruh daerah sudah bebas dari APK sebelum masa pungut hitung.

“Proses penertiban di Bandung tentu akan menjadi trigger juga untuk dipastikan seluruh kabupaten/kota di  Jawa Barat atau bahkan seluruh provinsi itu kemudian melakukan hal yang sama secara baik dan maksimal,” tutup Lolly.

Masuki Masa Tenang Pemilu, Bawaslu beserta Satpol PP Lakukan Penertiban APK di B

Photo :
  • Bawaslu

Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setyadi menambahkan, pihaknya akan melakukan penertiban secara bertahap hingga seluruh wilayah Bandung bersih dari APK.

“Kita harapkan memang semua APK yang ada di Kota Bandung sudah bersih. Tidak ada lagi kegiatan penertiban setelah penertiban.” ucap Rasdian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya