Masa Jabatan Khofifah Berakhir, Ini Sosok yang Jadi Plh Gubernur Jawa Timur

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak saat pamitan karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jatim berakhir. (Humas Pemprov Jatim)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya – Masa jabatan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai Gubernur Jawa Timur-Wakil Gubernur Jawa Timur berakhir Selasa, 13 Februari 2024, besok. Kementerian Dalam Negeri pun menunjuk Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Adhy Karyono sebagai pelaksana harian (Plh).

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Hal itu disampaikan sendiri oleh Khofifah usai acara Pelantikan Kepala SMA/SMK Negeri di Gedung Negara Grahadi Suarabaya, Jawa Timur, pada Senin, 12 Februari 2024. Ketua Umum PP Muslinat Nahdlatul Ulama itu mengaku sudah mengkonfirmasi soal Plh penggantinya dari Kemendagri.

"Karena berakhirnya besok [Selasa], besok lusa [Rabu] sudah masuk masa pencoblosan, maka akan diputuskan Plh [yang mengisi jabatan Gubernur Jatim sementara]," kata Khofifah.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Setelah itu, baru akan dilantik Penjabat (Pj) Gubernur Jatim yang akan dilaksanakan oleh Menteri Dalam Negeri pada Jumat, 16 Februari 2024. Saat ditanya siapakah Pj yang akan dilantik menggantikan dirinya sebagai Gubernur Jatim, Khofifah belum bersedia mengungkapkan.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Alasannya, dia belum menerima surat fisik terkait itu, kendati sudah menerima informasi siapa yang akan menggantikannya. "Tapi Plh dengan Pj Insya Allah orangnya sama. Namanya nanti setelah surat aku terima. Saya coba cek handpone saya, siapa tahu sudah di-WA suratnya," kata Khofifah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama wakilnya Emil Dardak.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

Khofifah sendiri dan Emil Dardak sudah berpamitan dengan seluruh anak buahnya di lingkungan Pemprov Jatim saat menggelar apel bersama ASN Sekdaprov Jatim di kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya pada Senin pagi. "Hari ini tanggal 12 Februari adalah hari terakhir kepemimpinan kami, Saya dan Pak Emil untuk periode ini," katanya.

Khofifah menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran Pemprov Jatim yang telah mendukungnya dalam bertugas. Dia juga berpesan agar seluruh jajaran di Pemprov Jatim tetap menjaga kinerja yang baik, agar seluruh prestasi yang diraih bisa dipertahankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya