Pesan Emil Dardak ke Anak Muda: Perkuat Skill Agar Tak Tertinggal Jauh

Emil Dardak, Wagub Jatim
Sumber :
  • Dok.istimewa

Jakarta - Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak memberikan sejumlah pesan kepada generasi Zilenial yang merupakan gabungan 2 generasi muda, Gen-Z dan millenial agar terus meningkatkan dan memperkuat skill untuk menghadapi tantangan zaman. Sebab saat ini tantangan zaman semakin kompleks dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

“Dengan semakin cepat dan pesatnya perkembangan zaman saat ini, jika tidak diimbangi dengan kemampuan atau skill yang mumpuni, maka kita akan tertinggal jauh,” kata Emil Dardak, dikutip Selasa, 13 Februari 2024.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak

Photo :
  • Humas
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ia menambahkan selain skill, para generasi muda perlu meningkatkan kreativitas agar dapat terus berkreasi demi kemajuan bangsa. Maka itu, ia berharap forum-forum diskusi yang inovatif bisa terus didorong dan juga diwarnai oleh Zilenial, khususnya dalam mengembangkan potensi UMKM yang masih besar di Indonesia.

“Inilah pentingnya forum-forum seperti Dialog Bermakna ini, inilah investasi kita untuk memikirkan masa depan,” tuturnya.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Lebih lanjut, Emil juga memaparkan betapa pentingnya pengelolaan talenta anak-anak muda agar dapat terserap dengan optimal. Ia memberi contoh millennial job center yang ia buka di Jawa Timur, yang berhasil mengembangkan potensi kreativitas dan upgrade skill yang nantinya dapat bermanfaat bagi pertumbuhan UMKM. 

Nantinya, menurut Emil, ini dapat dikaitkan dengan program penyaluran kredit yang didorong pemerintah. “Pemerintah mendorong 460 triliun untuk kredit usaha rakyat (KUR) supaya finance itu lebih banyak di akses oleh UMKM,” urainya.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak

Photo :
  • Humas

Di sisi lain, kehadiran dan pemaparan Emil sangat diapresiasi oleh Partisipasi Bermakna. Koordinator Nasional Partisipasi Bermakna, Muhammad Adnan, menilai bahwa semangat yang dimiliki Emil dalam kiprahnya menjadi Wakil Gubernur telah membuka mata soal bagaimana generasi muda mampu menavigasi tantangan zaman.

“Mas Emil merupakan sosok yang selaras dengan jiwa Partisipasi Bermakna. Kami ingin bagaimana anak-anak muda mampu menjadi bagian dari pembuatan kebijakan publik yang nantinya dapat dirasakan luas tak hanya bagi yang muda namun seluruh kalangan,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya