Mahfud MD Bilang Hadi Tjahjanto Bisa Jalankan Tugas Menkopolhukam: Orangnya Soleh Juga

Mahfud MD Bertemu dengan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Mahfud MD yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, mengatakan bahwa Hadi Tjahjanto memang sosok yang tepat menjabat sebagai Menkopolhukam. Cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024 itu menyebutkan, Hadi merupakan sosok yang bisa diajak kerja sama dengan baik dalam menjalankan tugas negara.

PDIP Minta Pemerintahan Jokowi Selesaikan Sengketa Tanah Adat IKN Secara Adil

"Jadi begini lho, orang ini punya kesan bisa enggak sipil itu mengkoordinasi militer. Saya ada menko sipil pertama," ujar Mahfud MD di kediamannya di Jalan Taman Patra XII, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis 22 Februari 2024.

Sebelumnya Mahfud MD mengundurkan diri menjadi Menkopolhukam karena ikut kontestasi Pilpres 2024. Presiden mengangkat Mendagri Tito Karnavian sebagai Pelaksana tugas atau Plt. Pada Rabu kemarin 21 Februari 2024, Presiden Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menkopolhukam di sisa masa jabatan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Jokowi Ajak Keluarga Jalan-jalan ke Candi Borobudur saat Rakernas Hari Kedua PDIP

Mahfud mengatakan bahwa Hadi Tjahjanto bisa menjalankan tugasnya sebagai Menkopolhukam yang baru. Hadi, kata Mahfud, juga merupakan sosok yang rajin dalam beribadah.

"Jadi saya sangat senang dengan Pak Hadi. Orangnya soleh juga. Saya selalu bercerita. Dulu orang itu kalau sama tentara takut, dianggap enggak sembayang. Nih rajin sembayang kalau perjalanan dengan saya ke mana-mana. Waktunya salat, salat bersama," kata Mahfud.

Ganjar Yakin Pernyataan Megawati soal Kader Goyang-goyang Bukan Ditujukan ke Jokowi

"Jadi kesannya baguslah dan saya percaya Pak Hadi bisa menjalankan tugas di Kemenko-an," sambungnya.

Mahfud juga menyebutkan bahwa tidak ada kiat khusus yang diberikan kepada Hadi. Sebab, Mahfud sudah mengenal Hadi sebagai sosok yang baik ketika dirinya sama-sama bertugas sebagai menteri Kabinet Presiden Jokowi.

"Saya sudah tahu Pak Hadi sangat cakap untuk melakukan ini sehingga jadi saya tidak beri kiat jadi beri substansi masalahnya, beliau bisa lebih lincah dari saya kalau subtansinya sudah," sebut Mahfud.

Berdasarkan pantauan VIVA, Hadi tiba di Jalan Taman Patra XII no 15, Hadi tiba di kediaman Mahfud pada Kamis 22 Februari 2024 sekira pukul 11.08 WIB. Hadi ketika tiba di lokasi turun dari mobil dinasnya dan langsung berlari menuju Mahfud MD untuk memberikan salam hormat. Hadi dan Mahfud terlihat mengenakan kemeja batik bermotif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya