Masuki Zona Merah Gunung Sinabung, 3 WNA Asal Rusia Diamankan Petugas

Masuki Zona Merah Gunung Sinabung, 3 WNA Asal Rusia Diamankan Petugas
Sumber :
  • Bayu Pramana | tvOne

Karo – Tiga Warga Negara (WNA) asal Rusia terpaksa berurusan dengan petugas kepolisian, pasalnya ketiganya masuk ke kawasan zona merah Gunung Sinabung di Kab. Karo, Sumatera Utara, Jumat siang 23 Februari 2024. 

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, ketiga wisatawan yang diketahui bernama, Fasha, Timofei Zalnein (42) dan Aleksandr Voronkof (49), berniat hendak mendaki Gunung Api Sinabung melalui jalur wisata Danau Lau Kawar. Mendengar informasi tersebut, Petugas kepolisian bersama dengan TNI langsung mendatangi lokasi. 

Setelah melakukan pencarian, ketiganya pun ditemukan sedang istirahat di lokasi Puncak Danau Lau Kawar. Lantas kemudian ketiganya pun diimbau dan diperingatkan untuk segera meninggalkan kawasan zona merah yang berbahaya. 

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Kapolsek Simpang Empat, AKP Dedy Ginting, saat dikonfirmasi menjelaskan ketiga WNA tersebut sudah dilakukan pendataan, dan kemudian sudah diarahkan untuk meninggalkan lokasi zona merah. 

"Ketiga WNA asal Rusia ini sudah kita temukan, dan sudah kita imbau untuk tidak masuk, dan segera meninggalkan lokasi karena sangat berbahaya," jelasnya, Jumat sore 23 Februari 2024. 

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Dirinya juga menambahkan kalau ketiganya mendatangi lokasi dengan mengendarai mobil minibus berwarna hitam plat polisi BK 1211 ADA, dan berniat mendaki gunung api Sinabung. 

"Jadi ketiganya ini menginap di Kota Berastagi, dan naik mobil kelokasi melalui Lau Kawar untuk pendakian gunung. Dan untung saja kita segera dengan cepat menemukan ketiganya sebelum mencapai puncak gunung," terangnya. 

Usai melakukan pendataan dan memberikan imbauan untuk tidak melanjutkan pendakian, ketiga WNA tersebut pun kembali menuju tempat penginapannya. Diketahui saat ini kondisi dan status Gunung Api Sinabung masih aktif dan berada pada Level II Waspada.

Dan kepada masyarakat diimbau untuk menjauhi Gunung Api Sinabung dalam radius 3 Km dari puncak, dan 4,5 Km dari sektor selatan dan timur.

Laporan: Bayu Pramana | tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya