KUA untuk Nikah Semua Agama, Menag Yaqut Optimis Dapat Dukungan Banyak Orang

KUA untuk Nikah Semua Agama, Menag Yaqut Optimis Dapat Dukungan Banyak Orang
Sumber :
  • Menag Yaqut Cholilqoumas (foto : Oji)

VIVA –  Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, optimis bahwa usulan untuk menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai tempat pernikahan semua agama akan mendapatkan dukungan dari banyak orang karena dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi umat beragama, dilansir dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

"Saya optimistis lah kalau untuk kebaikan seluruh warga bangsa, kebaikan seluruh umat beragama, mau merevisi undang-undang atau apa pun, orang pasti memberikan dukungan. Usulan ini kan untuk memberikan kemudahan bagi seluruh umat beragama," ujar Menag Yaqut usai menghadiri rapat kabinet di Istana Negara, Jakarta pada Senin 26 Februari 2024.

KUA untuk Nikah Semua Agama, Menag Yaqut Optimis Dapat Dukungan Banyak Orang

Photo :
  • Menag Yaqut Cholilqoumas (foto : Oji)
Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Sebelumnya, sudah diajukan ide sebelumnya untuk menjadikan KUA sebagai tempat pernikahan seluruh umat agama sempat dikatakan Menang saat membuka Rakernas Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam di Jakarta.

“Kita ingin menjadikan KUA itu untuk dapat digunakan oleh saudara-saudara kita semua agama untuk melakukan proses pernikahan. Karena KUA ini adalah etalase Kementerian Agama,”ucap Menag.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

“Kementerian Agama itu kan kementerian semua agama, jadi KUA diharapkan juga dapat memberikan pelayanan keagamaan kepada umat agama non-muslim,”

Agar ide tersebut dapat dilaksanakan, Gus Men, meminta jajarannya untuk mempelajari cara merealisasikan hal tersebut.

“Ini kan gagasan yang kita lontarkan untuk segera di follow up. Kemarin seluruh dirjen, mulai Dirjen Bimas Islam dan seluruh Dirjen Bimas non-Islam semua sudah ketemu. Mereka sudah mulai bicara bagaimana mekanismenya, regulasinya, semuanya dibicarakan,”ungkapnya.

 Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Ahmad Farhan Faris

Gus Men juga memastikan bahwa mereka akan melibatkan tokoh agama dan semua pihak yang terlibat dalam evaluasi usulan tersebut.

“Pasti akan melibatkan tokoh agama. Pasti kita libatkan seluruh stakeholder,”imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya