Benyamin: Banyak Contoh Nyata di Tangsel, Alquran Inspirasi Berbagai Inisiatif Sosial Komunitas

Gelaran MTQ ke-XV Kota Tangerang Selatan (Tangsel)
Sumber :
  • istimewa

Ciputat - Pemerintah Kota Tangerang Selatan atau Tangsel punya stategi membumikan kitab suci Alquran kepada umat muslim. Salah satunya dengan menginisiasi
perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XV tingkat Kota Tangsel.

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Acara MTQ yang berlangsung dari Minggu, 25 Februari 2024 sampai Rabu, 28 Februari 2024 itu dibuka langsung oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie.

Benyamin menyampaikan gelaran MTQ bukan hanya sekadar kompetisi membaca Alquran. Namun, MTQ juga sebagai upaya membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

"Alquran sebagai sumber petunjuk dan inspirasi. Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, bersama Alquran kita wujudkan kebersamaan dan persaudaraan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Benyamin, dalam keterangannya, Senin, 26 Februari 2024.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie

Photo :
  • Pemkot Tangsel
Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Menurut dia, pemahaman tentang Alquran bisa menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Tangsel. Kata Benyamin, hal itu sesuai dengan misi MTQ yakni menghargai dan meningkatkan kualitas pembelajaran Alquran di kalangan masyarakat khususnya generasi muda.

"Sudah banyak contoh nyata di Tangerang Selatan, bagaimana nilai-nilai Alquran berhasil menginspirasi berbagai inisiatif sosial dan komunitas," jelas Benyamin.

Ia bilang Alquran bisa jadi sumber kekuatan umat muslim dalam melakukan inovatif.

"Inilah bukti nyata, bagaimana Alquran dapat menjadi sumber kekuatan bagi kita untuk menciptakan perubahan inovatif bagi masyarakat," ujarnya.

Saat membuka acara MTQ secara simbolis, Benyamin melakukan pemukulan bedug yang didampingi Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo. Selain itu, hadir juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan lokasi acara MTQ bertempat di Lapangan Sepak Bola, Kecamatan Ciputat, Minggu kemarin.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo yang juga sebagai ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) jelaskan peserta berasal dari 7 kecamatan. Lalu, 7 kafilah dan 1.428 peserta MTQ dengan Kecamatan Ciputat sebagai tuan rumah.

"Pelaksanaan bertempat di Kecamatan Ciputat dengan 14 titik arena perlombaan yang tersebar," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya