TNI Akan Bangun 22 Kodam Baru, Total Ada 37 Kodam se-Indonesia

Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar
Sumber :
  • Dok Puspen TNI

Jakarta – Markas Besar (Mabes) TNI memberikan penjelasan terkait rencana penambahan Komando Daerah Militer atau Kodam di Indonesia. TNI menegaskan proyeksi ke depan akan menggelar kekuatan dengan total 37 Kodam di seluruh Indonesia dari 15 Kodam yang sudah ada saat ini.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Dengan demikian, penambahan Kodam yang dimaksud secara bertahap di masa mendatang seluruhnya berjumlah 22 Kodam, termasuk Kodam di Ibu Kota Negara (IKN).

Penjelasan ini disampaikan Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar untuk meluruskan pemberitaan di media yang ramai memberitakan rencana penambahan 37 Kodam seluruh Indonesia. 

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Photo :
  • Puspen TNI

Menurut Kapuspen, pemberitaan tersebut seolah mengartikan bahwa TNI akan menambah 37 Kodam baru. Padahal, penambahan Kodam nantinya diimplementasikan secara bertahap dari yang ada saat ini berjumlah 15 Kodam, akan ditambah hingga total seluruhnya berjumlah 37 Kodam.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Yang benar menambah menjadi 37 dari sebelumnya 15 Kodam, jadi penambahannya 22 Kodam," kata Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis, 29 Februari 2024.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan pihaknya berencana membangun 37 Kodam di seluruh Indonesia. Rencana pembangunan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja di tahun 2024. 

Dikatakan Agus, 37 Kodam baru yang akan dibangun TNI AD itu salah satunya ada di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"TNI AD rencana akan membangun dan menggelar 37 Kodam. Di mana dari 37 Kodam yang akan digelar, 15 Kodam diperkuat dengan Korem sedangkan 22 Kodam tanpa Korem di bawahnya termasuk pembangunan Kodam di IKN dan 2 Batalion baru," ucap Agus Subiyanto di acara Rapim TNI-Polri 2024 di Mabes TNI, Rabu, 28 Februari 2024

Agus juga menyebut, TNI AL akan meningkatkan status Lantamal menjadi Komando Operasi Utama (Kotama). "Dengan nomenklatur Kotama kelas A jumlah 8 lantamal, dan 6 lantamal menjadi Kodamar kelas B. Serta pembangunan Pasmar (Pasukan Marinir) di IKN," ungkap dia.  
Di sisi lain, untuk TNI AU nantinya kata Agus akan membangun Lapangan Udara (Lanud) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Tak hanya itu, akan dibangun juga skuadron baru oleh TNI AU.
 
TNI AU rencana akan membangun Lanud di IKN, meningkatkan status 5 Lanud tipe A, peningkatan status 2 Lanud tipe B, pembentukan Lanud tipe C dan pembentuk skuadron-skuadron baru," lanjut Agus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya