Kemenag Kirim 500 Pendakwah ke Daerah 3 T, Wamenag: Jadilah Dai Pelopor Penjaga Pilar Bangsa

Pelepasan Dai 3T Kementerian Agama Jelang Ramadan 1445 H/ 2024 M oleh Wamenag
Sumber :
  • Kementerian Agama

Jakarta – Ada 500 pendakwah yang merupakan dai dan daiyah, yang dikirim oleh Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais), Kementerian Agama. Mereka diutus untuk mendakwah dalam program Dai (pendakwah) 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), memasuki Ramadan 1445 H/ 2024 M.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

“Saya mengapresiasi tekad dan dedikasi para dai/daiyah untuk menyampaikan syiar Islam di wilayah 3T. Tugas mulia ini membutuhkan keberanian, ketekunan, serta kegigihan,” jelas Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki, yang mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat melepas secara resmi para pendakwah itu di Jakarta, dalam keterangannya.

Pesan dari Wamenag tersebut, agar para dai dan daiyah ini dapat menyampaikan dakwah yang menyejukkan. Dakwah rahmatan lil 'alamin dan penuh dengan kesantunan. Harapannya juga adalah menguatkan rajutan perbedaan di tengah-tengah masyarakat dalam harmoni kebinekaan.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

“Jadilah dai-daiyah pelopor yang menjaga pilar bangsa Indonesia. Kebinekaan adalah sunnatullah dan anugerah dari Allah SWT yang wajib kita syukuri dan rawat bersama,” pesannya.

Program Dai 3T, adalah bentuk kehadiran pemerintah dalam memberi layanan pendidikan keagamaan kepada seluruh Warga Negara Indonesia. Termasuk dalam hal ini adalah masyarakat yang berada pada daerah 3T.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

"Wilayah 3T memang harus menjadi perhatian khusus, karena di sanalah benteng pertahanan negara. Ini tugas para dai untuk menyampaikan esensi ajaran agama Islam yang moderat," jelasnya.

Program Dai 3T adalah program unggulan Bimas Islam Kemenag sejak tahun 2021. Ada 500 dai-daiyah diberangkatkan ke wilayah masing-masing yang ada di 34 provinsi Indonesia. Keberangkatan akan dilakukan pada 1 Maret 2024. Selain itu, Kemenag juga mengirimkan dai serta imam masjid ke luar negeri seperti Amerika, Korea, dan Uni Emirat Arab

Hadir juga Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Direktur Penais, Ahmad Zayadi, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Zainal Mustamin, dan seluruh dai-daiyah secara daring dan luring.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya