Bandara Soekarno-Hatta Gelar Simulasi Penanganan Ancaman Pembajakan Pesawat

Simulasi ancaman pembajakan di bandara soetta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, melakukan pelatihan simulasi penanganan ancaman pembajakan pesawat.

Dalam pelatihan tersebut, Airport Contingency Exercise disebut melakukan pembajakan Pesawat Garuda Indonesia (GA1234) Rute DPS-KNO yang membawa 17 crew, dengan total penumpang 50 orang.

Pelaku pembajakan mengaku memiliki rangkaian Alat Peledak Improvisasi (Improvised Explosive Device/IED) yang melekat di tubuhnya, dengan alat pengendali digenggam.  Kemudian, menuntut agar pimpinan mereka yang ditahan di Lapas kelas II Serang, Banten dibebaskan dan meminta uang tebusan sejumlah 1jt USD.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Bandara Soetta. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/hp.

Bandara Soetta. (ilustrasi)

Photo :
INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya
Pelaku memaksa pesawat untuk mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jika tuntutannya tidak dipenuhi maka pesawat akan diledakkan.

Atas kejadian itu pun ditindaklanjuti melalui kepolisian untuk menerjunkan tim penyelamatan dan pembebasan sandera hingga berhasil diselamatkan.

"Secara keseluruhan operasi penyelamatan ini berhasil dilakukan oleh semua Tim yang berperan dalam membantu penyelamatan sandera tanpa adanya korban jiwa, baik dari semua penumpang, crew pesawat maupun tim yang ikut berperan dalam operasi ini," kata Executive General Manager KCU Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, Kamis, 29 Februari 2024.

Lanjut dia, tujuan dari Airport Contingency Exercise untuk mempraktikkan penanganan penanggulangan keadaan darurat keamanan dan menguji apabila terjadi situasi yang tidak diinginkan.

"Latihan ini dilakukan untuk mengidentifikasi kelemahan, mengidentifikasi kekurangan dan kebutuhan, memperkenalkan modifikasi yang diperlukan dan memastikan keandalan operasional semua peralatan. Sehingga latihan ini dapat menjadi evaluasi langkah-langkah keamanan dan prosedur yang termuat dalam Airport Contingency Plan bandar udara dalam rangka memperbaiki kelemahan yang terjadi," ujarnya.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Ilustrasi arus mudik dan balik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024