Makin Kuat, 4 Negara Ini Diduga Pasok Senjata ke KKB Papua, Salah Satunya Amerika

Pilot Susi Air Philip di tengah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua Pegunungan.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Ada beberapa negara yang diduga memasok senjata ke KKB Papua sehingga mereka tetap bertahan sampai saat ini. Bukan tanpa alasan, pasukan KKB Papua ini memiliki banyak senjata canggih sehingga menyulitkan TNI dan Polri untuk menumpas kelompok teroris tersebut. 

Kena Veto Amerika Serikat, Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Usai Ajukan Resolusi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sempat mengatakan ada beberapa sumber pasokan dan amunisi senjata milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tersebut. Mantan Kapolda Papua itu menyebut, pasokan senjata masuk ke Papua melewati jalan tikus di perbatasan Papua Nugini. 

Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber. 

Deretan Negara yang Miliki Pesawat Canggih Anti-Nuklir di Dunia

1. Filipina

Pilot Susi Air Philip di tengah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua Pegunungan.

Photo :
  • ANTARA
10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Dalam acara rapat koordinasi pengendalian pengelolaan perbatasan negara di Ancol pada 25 Mei 2023 lalu, Mendagri Tito sempat menyebut empat sumber senjata yang dipakai KKB. Salah satu sumbernya berasal dari Filipina lantaran di sana senjata dijual dengan bebas. 

"Dari Filipina Selatan kan bebas senjata, mereka juga punya home industri yang banyak sekali kualitas bagus, itu ada yang masuk lewat jalur laut, ada juga udara, kan ada pilot yang udah ditangkap tu. Jadi sumber utama adalah tiga itu senjata KKB ini," kata Tito.

Anggota KKB Ananias Ati Mimin yang tertembak.

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan/Dok. Humas Satgas Damai Cartenz

KKB Papua juga diketahui memakai sejumlah senjata, salah satunya adalah M16 buatan Amerika Serikat. Melansir dari Britannica, senapan M16 atau AR-15 ini dikembangkan oleh insinyur Amerika bernama Eugene Stoner dari ArmaLite Inc. 

Pada tahun 1950-an, senapan ini memiliki nilai tinggi karena tingkat keakuratannya dan bobotnya yang ringan. Dalam pengoperasiannya, senjata ini memiliki opsi kontrol tembakan semi-otomatis dan full-otomatis. Namun, entah siapa yang memasok senjata ini ke KKB. 

Anggota KKB Osimin Wenda alias Usimin Telenggen

Photo :
  • Istimewa

KKB Papua juga diklaim memiliki senjata berjenis Steyr AUG yang dibekali peluru standar NATO 5,56 X 45 mm. Dikenal karena kehandalannya, senjata ini juga dianggap memiliki akurasi yang sangat baik. Ada beberapa variasi di antaranya AUG A1, AUG 2, sampai AUG 3 yang diproduksi sejak 2005. 

(Ilustrasi) Anggota KKB Papua.

Photo :
  • Puspen TNI.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua ini diketahui memakai senapan serbu AK-47. Senjata ini adalah senapan serbu paling terkenal dan banyak dipakai di dunia. Melansir Military History, AK-47 dikembangkan oleh mekanik asal Rusia bernama Mikhail Kalashnikov tahun 1947. 

Apabila dibandingkan dengan senapan sejenisnya, senjata satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil serta jangkauan yang relatif lebih pendek. Meski demikian, belum diketahui siapa oknum yang telah memasok senjata tersebut ke KKB Papua sehingga mereka semakin kuat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya