Jukius Tabuni, Anggota KKB yang Rampas Senpi Polisi Ditangkap saat Belanja di Warung

Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata yang ditangkap Satgas Damai Cartenz (foto Humas Satgas Damai Cartenz)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua - Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Jukius Tabuni (32) ditangkap Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz. Penangkapan berkat bantuan dari masyarakat.

Gran Max Maut di Tol Cikampek sudah 4 Kali Pindah Tangan dan 2 Kali Diblokir

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani mengatakan, warga Kampung Yenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah tersebut dicokok di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Sabtu 2 Maret 2024.

"Kronologi bermula dari laporan masyarakat yang memberikan informasi tentang keberadaan Jukius Tabuni di kampung Kago. Tim Satgas Ops Damai Cartenz-2024 segera merespons dengan melakukan penangkapan saat Jukius Tabuni sedang mengendarai sepeda motor dan berhenti di depan Kios Serba Murah," kata dia, Senin 4 Maret 2024. 

Mertua yang Dianiaya Menantu di Cengkareng Ngadu ke Kapolri, Tanya Kenapa Tersangka Belum Ditahan

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024. AKBP Bayu Suseno

Photo :
  • Dok Polri

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, Ajun Komisaris Besar Polisi Bayu Suseno menambahkan, Jukius adalah sosok yang merampas senjata api (senpi) punya anggota Pospol KP3 Udara Polres Puncak pada 1 Februari 2024 lalu.

Contraflow Tetap Dipakai Arus Balik Lebaran, Tapi Bakal Dikawal Safety Car

Waktu itu, Kapospol KP3 Udara dan dua anggotanya mau mengantar kendaraan roda dua kepunyaan Dinas BKD dari Bandara Ilaga ke Kompleks Pasar dengan truk.

"Saat tiba di lokasi kejadian, terjadi serangan oleh orang tak dikenal (OTK) yang cepat membuka pintu truk dan merampas senjata api," kata Bayu.

Satgas menyita barang bukti berupa KTP atas nama Jukius Tabuni, dua handphone (Merk Oppo warna biru tua dan Merk Samsung lipat warna hitam), sebuah ATM Bank Papua, sebuah karabiner, sebuah dompet kulit buaya warna coklat, dan beberapa aksesoris lainnya. Pemeriksaan secara intensif masih dilakukan kepada Jukius.

"Penangkapan ini merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz 2024 dalam upaya mengatasi keamanan di wilayah Ilaga dan menegaskan komitmen aparat keamanan untuk melindungi masyarakat dari ancaman kelompok kriminal bersenjata," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya