Cuti Sepekan, Gibran Rakabuming Raka ke Inggris Promosikan UMKM Solo

Herwin Nugroho, Kabag Prokompim Setda Kota Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengajukan cuti selama 7 hari untuk ke Inggris. Dalam kunjungan kerja itu, putra sulung Presiden Jokowi didampingi sang istri Selvi Ananda sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo. Kunjungan kerja untuk mempromosikan UMKM Solo itu atas undangan Kedutaan Besar Indonesia di Inggris. 

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokoimpim) Setda Kota Solo, Herwin Nugroho, mengatakan Gibran Rakabuming sedang melaksananakan perjalanan dinas ke luar negeri hingga beberapa hari ke depan. 

“Beliau ada dinas di Inggris dari tanggal 3 Maret sampai dengan 10 Maret 2024,” kata dia di Balai Kota Solo, 4 Maret 2024.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Jelas dia, kunjungan kerja ke salah satu negara di Benua Eropa itu atas undangan dari pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Inggris. Kunjungan kerja itu dilakukan, dalam rangka menyiapkan kegiatan perdagangan ekspor dari Solo ke pasar negara Inggris dan mempromosikan investasi di kota kelahiran Presiden Jokowi.

“Kunjungan itu untuk penyiapan ekspor dari Solo terkait bidang ekonomi kreatif, ekonomi digital dan ekonomi UMKM. Selain itu juga untuk promosi investasi bidang pendidikan, digital, transisi energi dan infrastruktur rendah karbon,” jelasnya.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Untuk kunjungan dinas ke Inggris, dikatakan Herwin, Gibran telah mengajukan cuti kerja sejak dua pekan lalu. Pengurusan izin cuti itu dilakukan berjenjang melalui Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, hingga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

”Pengajuan cuti sudah berproses, tanggalnya lupa tapi sudah sekitar dua minggu yang lalu. Izinnya cuti berjenjang dari pak gubernur, mendagri, mensesneg dan terakhir exit permit dari Kementerian Luar Negeri,” jelas dia.

Selama Gibran melakukan kunjungan ke luar negeri, kini tugas pekerjan Wali Kota Solo dilimpahkan ke wakilnya, yakni Teguh Prakosa. Teguh akan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo. “Pak Teguh akan menjadi Plh Wali Kota Solo sampai dengan tanggal 10 Maret 2024,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya