Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Terima Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung, Ini Alasannya

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni
Sumber :
  • Istimewa

Solo – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni resmi menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung Dr. Drs. H. Agus Fatoni Darmodipuro M.Si. GRCE dari Keraton Surakarta Hadiningrat, di Sasana Narendra Keraton Surakarta Hadiningrat Solo Jawa Tengah, Sabtu malam, 2 Maret 2024.

Buka MTQ ke-38 Jabar, Pj Gubernur Bey: Simbol Kecintaan Umat Islam Terhadap Alquran

Gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat kepada tokoh-tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan kebudayaan dan kesenian Indonesia.  

Agus Fatoni juga dinilai menjadi panutan karena mampu merangkul semua anak suku bangsa di Indonesia bukan hanya Palembang, Sumatera Selatan. 

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni

Photo :
  • Istimewa

Pemberian gelar ini dilakukan langsung oleh Ingkang Sinoehoen Kangjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang diwakili oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel H. Sutoko. Prosesi pemberian gelar tersebut dimulai pukul 19.00 wib.  

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

Usai menerima gelar kehormatan untuk Pj Gubernur Sumsel A. Fatoni, Plh Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H. Sutoko mengatakan, mewakili Pj Gubernur Sumsel serta jajaran Pemprov Sumsel, Ia menyampaikan terimakasih pada  Keraton Surakarta Hadiningrat.  

"Atas nama jajaran Pemprov Sumsel kita tentu merespon  positif penganugerahan gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang diberikan kepada Pj Gubernur Agus Fatoni. Karena gelar kehormatan ini tidak mudah didapat," jelas Sutoko.  

Selain tak mudah didapat, dengan gelar ini juga secara otomatis akan melekat tanggung jawab yang besar dalam pelaksanaannya.

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni

Photo :
  • Istimewa

"Gelar kehormatan ini diberikan pada sosok yang dipandang cakap, dipandang karena suri tauladan atau karena kepemimpinannya serta faktor-faktor lain. Dan  yang diberikan ini Insya Allah memang beliau merupakan sosok yang pas dan bisa diamalkan dan implementasikannya dalam kegiatan  sehari-hari sebagai Pj Gubernur Sumsel," pungkas Sutoko.  

Selain Pj Gubernur Sumsel, dalam penganugerahan gelar tersebut tampak hadir juga beberapa pejabat penting lainnya seperti Pj Wali Kota Pagaralam H.Lusapta Yudha Kurnia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya