Komitmen Berantas Mafia Tanah, Menteri ATR AHY Koordinasi Dengan Jaksa Agung

Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional , Agus Harimurti Yudhoyono, menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin, pada Selasa, 5 Maret 2024. Pertemuan ini juga sebagai langkah nyata politisi yang akrab disapa AHY itu, dalam komitmennya membarantas mafia tanah.

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

"Kami ingin memperkuat sinergi dan kolaborasi. Sebagai follow up, kemarin saya membuka sebuah rapat pra-operasi dalam rangka menghadapi sekaligus menyelesaikan berbagai sengketa perkara dan kasus pertanahan di Indonesia, terutama yang diakibatkan oleh praktik-praktik mafia tanah," kata AHY kepada wartawan, di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Maret 2024.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Ketua Umum Partai Demokrat, itu menegaskan bahwa pihaknya akan memperkuat sinergi dengan Kejaksaan Agung. Terutama untuk menyelesaikan sengketa perkara mafia tanah yang banyak merugikan masyarakat Indonesia.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Ia juga menyebut, pertemuan dengan Jaksa Agung sekaligus melaksanakan arahan Presiden Jokowi terkait isu-isu pertanahan yang ada di tengah-tengah masyarakat hingga saat ini.

"Jadi kita tegas ingin memberantas mafia tanah karena banyak sekali kerugian negara, banyak sekali rakyat yang menderita. Kemudian juga kami menekankan beberapa yang menjadi penekanan sekaligus prioritas dari Presiden Joko Widodo," kata AHY.

"Bapak Presiden menyampaikan langsung kepada saya beberapa agenda, termasuk bagaimana kita menuntaskan isu-isu pertanahan yang ada kaitannya langsung terhadap progres pembangunan infrastruktur, khususnya proyek-proyek strategi nasional," imbuhnya.

Maka dari itu, AHY berharap agar persoalan mafia tanah di Indonesia dapat segera diselesaikan dengan tuntas, sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat. 

"Dan kita berharap pada akhirnya permasalahan tanah ini bisa diselesaikan dengan baik, maka investasi akan bergerak dan tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor," kata putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Dalam kesempatan yang sama, Jaksa Agung ST Burhanuddin, mengatakan pertemuannya dengan AHY diharapkan dapat membuat kerja sama antara kedua lembaga semakin lebih baik ke depannya.

"Saya menerima Menteri ATR/BPN dan ada beberapa hal yang dibicarakan, tentunya tujuannya adalah lebih mensinergikan lagi kerja sama BPN dengan Kejaksaan dalam menjalankan program-progam yang akan dilaksanakan," kata Burhanuddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya