PDIP Cetak Hattrick di Kota Pontianak, Amankan 7 Kursi

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pontianak Satarudin (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Pontianak – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim menang pemilihan umum (pemilu) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Kemenangan ini diraih secara 3 kali berturut, pemilu 2014, 2019 dan 2024.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pontianak Satarudin mengatakan, partainya berhasil meraup 49.748 suara.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

“Perolehan suara ini membuat kursi Ketua DPRD Kota Pontianak, tetap diduduki PDI Perjuangan,” kata Satarudin kepada wartawan, Rabu 6 Maret 2024.

Satarudin mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kota Pontianak. Sebab, untuk ketiga kalinya, PDI Perjuangan berhasil mempertahankan kemenangan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Alhamdulillah berdasarkan perhitungan ditingkat PPK, PDI Perjuangan berhasil meriah 49.748 suara, dan mendapatkan tujuh kursi,” kata Satarudin.

Ilustrasi bendera PDIP

Photo :
  • FB

Satarudin memgatakan, perolehan suara PDI Perjuangan ini baru disampaikan setelah perhitungan resmi KPU. Alasannya tak ingin mendahului KPU karena perhitungan dilakukan secara berjenjang.

Dengan perolehan ini, maka PDI Perjuangan tetap menjadi pemenang di Kota Pontianak tahun 2024. Walau target sedikit meleset. Namun, Satarudin bersyukur ada penambahan kursi di Pontianak Utara, Selatan Tenggara.

“Masing-masing dua kursi, dan dapil lainya satu-satu,” terangnya.

Ketua DPRD Kota Pontianak ini bilang, dari tujuh kursi yang didapat, dua di antaranya adalah wajah baru. Sementara lima lainya adalah inkumben.

“Dua wajah baru ini adalah milenial dengan usia termuda. Usianya 21 dan 25. Artinya kaderisasi yang dilakukan PDI Perjuangan berhasil,” tutup Satarudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya