10 Warga di Pesisir Selatan Sumbar Dikabarkan Hilang Tertimbun Longsor

Lokasi Longsor di Langgai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Pesisir Selatan –  Sepuluh warga di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), dikabarkan hilang tertimbun longsor pada Kamis, 7 Maret 2024 sekitar pukul 23.00 WIB.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Regu penyelamat gabungan pun sudah dikerahkan untuk melakukan pencarian. "Laporan yang kita terima ada 10 warga yang hilang. Satu sudah ditemukan meninggal dunia," kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Ilham Wahab, Jumat, 8 Maret 2024.

Ilham mengatakan, upaya pencarian sembilan warga yang hilang tertimbun longsor di Kampung Langgai tersebut terhambat oleh akses menuju lokasi yang masih sulit dijangkau.

2 Debt Collector yang Hendak Ambil Paksa Mobil Polisi di Palembang Jadi Tersangka

Ilustrasi longsor.

Photo :
  • BNPB.

"Akses menuju ke sana masih sulit dijangkau. Namun, sudah ada beberapa rekan-rekan BPBD Pesisir Selatan yang sudah berada di lokasi untuk melakukan proses pencarian," ujar Ilham.

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Ilham menambahkan, untuk membuka akses jalan yang tertutup, alat berat sudah dikerahkan. Bahkan, beberapa di antaranya disiagakan di beberapa titik lokasi rawan longsor.

Terkait dengan banjir, menurut Ilham, selain kota Padang, banjir juga terjadi di Kabupaten Mentawai, Pasaman, Pesisir Selatan, dan Padang Pariaman.

"Untuk status tanggap darurat belum ya. Itu tergantung dari Kabupaten dan kota terdampak. Apabila masih bisa di-handle maka status tanggap darurat tingkat provinsi masih belum diberlakukan," ujar Ilham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya