Pulau Bunguran Besar Diselimuti Kabut Adveksi, Begini Penjelasan BMKG

Kota Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, tertutup kabut adveksi.
Sumber :
  • ANTARA/Muhamad Nurman

Natuna - Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Reza Fahlevi, menjelaskan fenomena kabut adveksi yang menyelimuti Pulai Bunguran Besar disebabkan oleh transfer kelembapan udara dari wilayah perairan ke wilayah daratan.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Menurut Reza, kabut adveksi umumnya terjadi ketika ada fenomena pendinginan udara secara mendatar di permukaan bumi.

"Saat pagi atau ketika matahari mulai bersinar permukaan daratan mendapat panas lebih cepat dibandingkan permukaan laut akibatnya tekanan udara di darat menjadi lebih rendah ketimbang di laut, hal inilah yang menyebabkan adanya transfer kelembaban dari permukaan laut ke daratan," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Sabtu, 9 Maret 2024.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

VIVA Militer: Kapal-kapal perang TNI Angkatan Laut di Laut Natuna

Photo :
  • koarmada2.tnial.mil.id

Kemunculan kabut adveksi mempengaruhi jarak pandang yang berkurang, sehingga masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat berkendara.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

 
"Selain itu kabut dapat mengandung partikel-partikel polutan sehingga diimbau memakai masker terlebih dahulu untuk sementara ini," ujar dia.

Secara terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna Raja Darmika memastikan bahwa kabut adveksi tersebut bukanlah kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan.

Ia meminta masyarakat tidak khawatir sembari tetap berwaspada dan berhati-hati, mengingat kabut adveksi mengurangi jarak pandang.

Perbatasan Laut Natuna Utara China Selatan

Photo :
  • vstory

 
"Iya ada kabut, awal kami duga kabut asap, namun tidak ada laporan kebakaran dari kecamatan maupun desa," kata Raja.

Salah seorang warga Natuna, Dilla, mengaku sudah melihat kabut tersebut sejak Jumat (8/3) tetapi menekankan kondisi tersebut tidak mengganggu aktivitas keseharian. "Tiap hari ini makin tebal. Masih amanlah, mudah-mudahan segera hilang," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya