Tiga Alutsista Tambahan Dierahkan Operasi SAR Korban Pesawat Smart Aviation di Tarakan

Lokasi ditemukannya puing puing pesawat PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh dan terlihat api seperti api unggun di Binuang, Kalimantan Utara, Sabtu, 9 Maret 2024.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Tiga alutsista penerbangan tambahan dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar dikerahkan untuk membantu operasi pencarian dan pertolongan (Search and rescue/SAR) korban pesawat kargo yang diduga jatuh di Tarakan, Kalimantan Utara.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Kepala Kantor Basarnas Tarakan Syahril dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2024, mengatakan, alutsista itu terdiri atas satu unit Boeing 737 200 REG AI-7302, Heli Caracal H-225 M REG H-2209, dan area pencarian dari Boeing 737 200 REG AI-73022.

Penambahan alutsista tersebut dikerahkan demi menggenapi upaya operasi SAR hari ketiga, Minggu, yang masih melibatkan tim rescue Kantor Basarnas Tarakan, Lanud Anang Busra Tarakan, Kodam VI Mulawarman, Brimob Polda Kaltara, Polres Tarakan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

VIVA Militer: Alutsista Paskhas TNI AU berkumpul di Lanud Sultan Hasanuddin

Photo :
  • Pen Korps Paskhas TNI AU

Kemudian, personel Polres Malinau, Kodim 0910 Malinau, Batalyon 614 Raja Pandita, BPBD Kabupaten Malinau, Air NaV Tarakan, UPBU Juwata Tarakan, BMKG Tarakan, Smart Aviation, Susi Air, RMPB Kabupaten Malinau dan Satrad 225 Tarakan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

“Jadi operasi SAR akan dilakukan dari darat maupun udara menuju LKP. Untuk itu, kami juga masih mengandalkan pemancar dari Emergency Locator Transmiter (ELT) dari pesawat PK-SNE,” ujarnya.

Pengerahan personel penuh ini dilakukan tak lepas dari keberhasilan ditemukannya diduga puing-puing pesawat PK-SNE Smart Aviation, beserta adanya tanda-tanda bahwa korban pesawat itu; kapten M Yusuf (29) selaku pilot, dan Deni S (35) ahli permesinan, yang diduga masih hidup.

Sebagaimana laporan dari regu tim pertolongan udara Basarnas Tarakan pada operasi hari kedua, Sabtu sore, menyatakan telah menemukan diduga puing pesawat kargo itu di antara rimbunnya pepohonan hutan wilayah Binuang dengan koordinat 3°43'45.80"N115°56'54.45"E. Selain itu juga ditemukan asap api unggun di sekitar lokasi, yang diduga dibuat oleh korban yang masih hidup sebagai tanda. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya