Tarawih Pertama Ramadhan 1445 H, Masjid Istiqlal dan Masjid Al-Azhar Dipadati Warga

Jemaah salat tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Pemerintah sudah resmi menetapkan awal bulan Ramadhan 1445 H atau 2024, jatuh pada Selasa 12 Maret 2024 besok. Untuk itu, seluruh umat Muslim pada Senin malam ini sudah mulai menjalankan ibadah Salat Tarawih, Senin 11 Maret 2024.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Umat muslim berbondong-bondong meramaikan masjid guna melakukan salat tarawih perdana secara berjamaah. Terpantau pada Senin malam, ratusan umat Muslim turut meramaikan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melakukan salat Isya dan tarawih.

Setelah salat isya digelar secara berjamaah, ratusan jamaah melanjutkan salat tarawih di masjid terbesar se Asia Tenggara tersebut. Ratusan umat yang ikut salat itu, nampak khusuk dalam lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan imam Masjid Istiqlal.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Salah satu warga bernama Said Tasyim, mengaku rela ikut salat berjamaah tarawih di Masjid Istiqlal karena ingin lebih khusuk dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445/ 2024. Ia merupakan warga asal Manado, Sulawesi Utara.

"Antusias saya salat di Masjid Istiqlal ini ya seperti ini, menyambut bulan suci Ramadhan yang kita lebih mendekatkan diri kepada sang Illahi rabbi. Oleh karena itu kami ya dari daerah ya, kami lebih enak untuk salat di sini," ujar Said di lokasi.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Said menyebut ada nuansa berbeda ketika melangsungkan salat tarawih di Istiqlal. Ia datang ke Istiqlal bersama dengan rekannya yang juga berasal dari luar DKI Jakarta.

"Ini kita dari berbagai macam daerah ini, ada dari Makasar, Gorontalo juga ada. Kita rombongan ingin salat di sini, spesial hari pertama. Ya Insya Allah kita kan sekitar 2 minggu di sini, kita dua minggu di sini ingin salat di Istiqlal," jelasnya.

Masjid Al-Azhar Kebayoran Ramai

Sementara itu, pantauan di Masjid Al-Azhar Jakarta Selatan, ratusan jamaah juga turut memadati shaf salat. Mereka sudah meramaikan masjid sebelum masuk waktu isya.

Kepala Kantor dan Pengurus Takmir Masjid Agung Al-Azhar, H. Tatang Komara, mengatakan bahwa Masjid Al-Azhar sudah siap menampung ribuan jemaah selama bulan Ramadhan tahun 2024 ini.

Ia menyebut, pelbagai fasilitas sudah disiapkan untuk para jemaah yang hendak menggunakan Masjid Al-Azhar.

"Kami Masjid Al-Azhar ini seperti biasa sebelum datang bulan Ramadhan sudah mempersiapkan diri beberapa bulan sebelumnya kita punya tugas untuk tiga hal adalah pertama untuk tidaroh untuk bagaimana tertibnya adminitrasi," ujar Tatang di lokasi.

Kantung parkir di Masjid Al-Azhar pun, kata Tatang, sudah siap menampung ratusan hingga ribuan kendaraan jemaah yang ingin parkir. Bahkan, makan sahur untuk para musafir juga disediakan oleh pihak masjid sepanjang Ramadhan.

"Maka kita siapkan untuk para Musafir atau yang berbuka di sini kita siapkan tiap harinya 700 box di bulan Ramadhan, kita ada makan makanan berat yang disiapkan donatur yang tak di sini, adapun untuk 19 terakhir di bulan Ramadhan kita siapkan menu untuk sahur di sini tuk para jemaah di sini yang menginap untuk itikaf," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya