HUT ke-72 Korsabhara, Kabaharkam Komjen Fadil Imran Ingatkan Pentingnya Patroli Terbaik

Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran usai upacara HUT ke-72 Korsabhara Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Depok – Korsabhara Baharkam Polri ‘Samapta Reksabaya Adipradana’ sudah 72 tahun berdiri. Korps ini didirikan pada 11 Maret 1952. Pagi tadi digelar upacara HUT ke-72 Korsabhara Baharkam Polri di Kelapa Dua, Depok yang dipimpin oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Polisi Fadil Imran.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Fadil mengatakan, ketika awal dibentuk korps ini menjadi sosok yang sangat dekat dalam memberikan perlindungan, pertolongan, pelayanan kepada masyarakat khususnya pelaksanaan patroli. Melalui momen HUT ke-72 ini, Fadil ingin mengembalikan Sabhara Perintis dalam bentuk patroli terbaik

“Oleh sebab itu perayaan Korps Sabhara hari ulang tahun pada kesempatan ini lebih ditekankan kepada makna untuk kehadiran Sabhara dalam bentuk patroli, baik patroli roda dua, patroli roda empat, patroli bersepeda dan patroli jalan kaki. Ini terus kita godok,” kata Fadil, Kamis, 14 Maret 2024.

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Dia ingin adanya modernisasi dan digitalisasi patroli. Melalui momen hari ulang tahun ini akan dijadikan titik awal kembali menghidupkan dan memperkuat patroli. Fadil menyebutkan, praktik itu sudah dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan. Ke depan, kata dia, patroli tidak akan lagi bertumpu di polsek saja tapi ada shelter yang menjadi titik bersama.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran

Photo :
  • IG Baharkam Polri
Anjing Pelacak Juga Dikerahkan Amankan Sidang Putusan Pilpres di MK, Polri Ungkap Alasannya

“Rencana ke depan tidak ada lagi patroli yang lagi di parkir di polsek yang kemudian manajemen patrolinya perawatannya operasionalnya tidak maksimal. Ke depan kami berharap patroli dilaksanakan dari shelter patroli. Jadi ke depan rencananya kami akan membuat shelter patroli sehingga semua mobil patroli itu berangkat patroli kembali patroli dari semua pool patroli. Di sana manajemen patroli akan dikuatkan perlengkapan akan dioptimalkan kemudian kontrol lapangan juga akan dioptimalkan,” ujarnya.

Di sisi lain, fungsi Sabhara juga sebagai pengamanan objek vital (pam obvit). Hal ini, menurutnya, tidak kalah penting. Karena pam obvit ini menjadi program unggulan Sabhara yang mengamankan objek vital dengan sistim manajemen pengamanan.

“Dan juga menghadirkan polisi satwa yang selama ini hanya dikenal manakala ada tindak pidana pelacakan yang diperlukan pelacakan, sekarang kami hadirkan setiap malam melaksanakan patroli bersama unit patroli roda dua maupun roda empat,” ujarnya.

Selain itu, Fadil juga menuturkan akan lebih sering menghadirkan polisi satwa, seperti yang sudah dilakukan saat car free day (CFD). Pasukan berkuda kerap diperlihatkan ke masyarakat agar diketahui lebih luas. “Di kesempatan tertentu kegiatan masyarakat kami hadirkan di kegiatan masyarakat seperti car free day pasukan berkuda juga kita hadirkan,” katanya.

Untuk fungsi lain Sabhara yang juga mengemban fungsi SAR akan diperkuat. Seperti diketahui bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki karakteristik kebencanaan cukup tinggi.

“Jadi ke depan fungsi-fungsi Sabhara yang dimiliki oleh Sabhara Polri akan terus kita kuatkan khususnya kehadiran Sabhara Polri dalam bentuk patroli,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya