Irjen Djoko Deep Talk dengan 22 Tokoh Muda di Kalteng, Ini Isi Pembicaraannya

Kapolda Kalteng Irjen Djoko Poerwanto diskusi dengan tokoh muda
Sumber :
  • Dok Polda Kalteng

Palangka Raya - Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto menginisiasi pertemuan dan pembicaraan dua arah bersama tokoh muda Kalteng, bertempat di Sakuyan Side, Jl. Mahir Mahar No.101-102 Kota Palangka Raya, Minggu, 17 Maret 2024.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Acara yang baru pertama kali digelar dengan tujuan untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat tersebut dikemas dalam acara bertajuk Deep Talk Kapolda Kalteng dengan tema "Friendship with Inspiring Youth".

Kapolda Kalteng Irjen Djoko Poerwanto diskusi dengan tokoh muda

Photo :
  • Dok Polda Kalteng
Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Kegiatan ini dihadiri 22 tokoh muda Kalteng dari berbagai kalangan. Mulai dari akademisi kampus, tokoh budaya, seni, kuliner, konten kreator, insan pers, pemerhati anak, tokoh ekonomi kreatif, pesantren, tokoh pemuda, PLN, organisasi angkutan darat, dan lain-lain.

Para tokoh muda yang hadir menyampaikan aspirasi dan masukannya kepada Kapolda secara langsung secara bergiliran, yang semuanya menginginkan masyarakat Kalteng akan semakin maju lagi di segala bidang.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam tanggapannya, Kapolda Kalteng menyampaikan bahwa kepolisian mempunyai tiga tugas pokok utama, diantaranya harkamtibmas, penegakan hukum yang berkeadilan, serta sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Selanjutnya, Irjen Djoko juga memberikan gambaran terkait kondisi di Kalimantan Tengah di antaranya potensi dan ambang gangguan serta gangguan nyata, yang harus dapat dikelola dengan baik, sehingga masyarakat akan lebih aman dan nyaman.

Terkait hal tersebut, Kapolda menyampaikan terkait pembentukan Satgas Penyelesaian Konflik Sosial (PKS) dengan melibatkan unsur Forkopimda terkait.

Lebih dalam, Kapolda mengatakan bahwa menurut data yang diterima Provinsi Kalimantan Tengah mempunyai sumber daya alam.yang luar biasa, namun termasuk daerah dengan angka kemiskinan cukup tinggi dan kategori inflasi juga tinggi.

Oleh karena itu, Kapolda mengajak semua elemen masyarakat terutama tokoh muda Kalteng untuk bersama sama, mengerjakan apa yang bisa diperbuat menjadikan Kalimantan Tengah yang lebih baik lagi dan lebih maju lagi.

"Polisi dalam melaksanakan tugasnya tidak bisa sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama, komunikasi dan kolaborasi bersama antar elemen masyarakat dan Polri, guna mewujudkan masyarakat Kalteng yang lebih sejahtera" pungkas Irjen Djoko.

Kapolda Kalteng Irjen Djoko Poerwanto diskusi dengan tokoh muda

Photo :
  • Dok Polda Kalteng

Ada beberapa masukan dan aspirasi yang disampaikan para tokoh muda untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kalteng

Pertama dari Novanita Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf). Ia memberikan usulan yang berkaitan dengan potensi alam di Kalimantan Tengah yang harus dikelola dengan baik. Salah satunya yaitu Zirkon dan Bawang Dayak.

Ia mengusulkan kepada pepolisian agar bisa mendukung terkait perizinan edar dari extrak Bawang Dayak yang sudah mendunia dan dikenal menjadi obat anti kanker.

Kemudian juga datang dari suara pemilik 47 HAKI, yaitu Dr. Chandra selaku Akademisi dan wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Dr. Chandra menyampaikan bahwa berbicara terkait bidang pendidikan. Dimana dirinya berharap para pengajar dan peserta didik bisa fokus terhadap tugasnya sebagai pendidik yang dinilai bisa berpengaruh dari proses pembelajaran.

Selanjutnya, gagasan juga datang dari Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Koh Frans Martinus, yang menyampaikan pesan terkait, keamanan dan kenyamanan dalam berusaha, ketegasan dalam penindakan hukum, serta mengutamakan kolaborasi dalam mewujudkan Kalteng yang bermartabat. 

Sementara itu, Rohan dari Kalteng Pos selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa semua gagasan dan keluhan yang disampaikan untuk menjadikan Kalimantan Tengah lebih baik, akan didukung penuh oleh Kapolda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya