Mendag Zulhas Cek Harga Sembako di Kota Bogor: Harga Mulai Turun, Alhamdulillah

Mendag Zulkifli Hasan mengencek harga Sembako didampingi Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Bogor – Harga sejumlah bahan pokok mulai mengalami penurunan. Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai mengecek kestabilan harga bahan pokok di dua titik di Kota Bogor, Senin pagi, 18 Maret 2024.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Di titik pertama yakni di Pasar Kebon Kembang, Kecamatan Bogor Tengah, Zulhas ‘sapaan Mendag’ mendatangi beberapa pedagang bahan pokok, seperti beras, ayam, telur dan aneka cabai.

"Alhamdulillah tadi kita lihat beras sudah mulai turun. Ada yang Rp 7 ribu, Rp 8 ribu, gabah. Jadi gabah tidak ada yang mengeluh harga gabah murah. Kalau jagung sudah mulai turun. Ada beberapa petani yang ngeluh kemarin Rp 8 ribu, sekarang sudah Rp 4.200 sampai Rp 5.200," urai Zulhas.

Terpopuler: Harga Bekas dan Pajak Tahunan Avanza Veloz, 2 Mobil Keren Mazda di China

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Namun, sambung dia, harga pakan unggas sudah mulai turun. Berbeda dengan harga cabai yang berangsur normal di angka Rp 60 ribu per kg yang awalnya sempat melonjak di Rp 100 Ribu.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Tapi yang saya gembira beras turunnya sudah banyak. Hampir Rp1 ribu per kilogram, jadi Rp 17 ribu sampai Rp15 ribu satu kilo. Alhamdulillah," sambung Zulhas.

Mendag berharap, akhir bulan ini sampai menjelang Hari Raya akan ada panen raya. Sehingga harga untuk beras lokal bisa kembali normal.

"Kalau beras yang Bulog memang stabil. Di jor terus, di drop terus, diguyur terus dari Pemerintah. SPHP maupun yang premium," kata Zulhas.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, peninjauan Mendag ke Pasar Kebon Kembang dan Pasar Murah di Kelurahan Sukasari juga sekaligus mengecek ketersediaannya.

"Ternyata di pasar persediaannya cukup banyak, memadai untuk bisa dicari atau di konsumsi masyarakat. Kedua, beliau mengecek harga cabai. Minggu lalu hari Jumat harganya Rp 100 ribu, hari ini di Rp 60 ribu. Jadi artinya ada penurunan drastis," jelas Dedie.

Mendag, kata Dedie, juga sempat mendatangi Pasar Murah Ramadhan di Sukasari RW 01 dan bertemu langsung dengan ratusan warga. Dedie mengatakan, warga cukup antusias dengan keberadaan pasar murah ini.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengecek harga bahan pangan di pasar Tradisional Kramat Jati Jakarta Timur dan menemukan adanya kenaikan harga Cabai di awal Ramadhan mencapai Rp.100.000 Per Kiligramnya, Jumat 15 Maret 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

"Apalagi stoknya juga cukup banyak dan harganya saya pikir berbeda dengan harga pasaran di luar yang lebih terjangkau. Mudah-mudahan membantu masyarakat menghadapi bulan suci Ramadan," terangnya.

Di Kota Bogor sendiri, ada sembilan titik pasar murah hingga 2 April mendatang. Sembilan titik tersebut digilir sesuai jadwalnya. Pasar Murah Ramadan akan berlanjut di Kelurahan Rancamaya.

"Jadi kita sebar ke beberapa wilayah agar masyarakat bisa menikmati harga sembako yang terjangkau," bebernya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya