5 Negara Dengan Kejahatan Pemerkosaan Tertinggi di Dunia, Ada Indonesia?

Ilustrasi pemerkosaan
Sumber :
  • pixabay

Jakarta – Pemerkosaan adalah kejahatan yang sangat kompleks untuk dianalisis. Di beberapa belahan dunia, hal ini sangat jarang dilaporkan. Perempuan di beberapa negara cenderung tidak mencatat pengaduannya karena adanya stigma sosial terhadap perempuan yang menjadi korban pemerkosaan, korban kekerasan, atau ketakutan tidak diakui oleh keluarga mereka.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Statistik pemerkosaan dan kekerasan seksual lainnya umumnya tersedia di negara-negara maju, dan menjadi lebih umum. Sejumlah besar pemerkosaan tidak dilaporkan di seluruh dunia. Namun, setidaknya ada 10 negara di dunia yang terkenal dengan kejahatan pemerkosaan yang tinggi. Nah, buat kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya dilansir Wonderlist

1. Afrika Selatan

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Ilustrasi kekerasan

Photo :
  • pixabay

Dengan perkiraan 500.000 kasus pemerkosaan setiap tahunnya, negara ini merupakan salah satu negara dengan tingkat Kejahatan Pemerkosaan tertinggi di dunia. Diperkirakan lebih dari 40% perempuan Afrika Selatan akan diperkosa seumur hidup mereka. Dewan Riset Medis memperkirakan hanya 1 dari 9 pemerkosaan yang dilaporkan. 

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Oleh karena itu, jumlah pemerkosaan sebenarnya jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang tercatat oleh polisi. Dengan jumlah kasus Kejahatan Pemerkosaan tertinggi yang dilaporkan, Afrika Selatan menduduki peringkat teratas. Mayoritas kekerasan seksual terjadi terhadap perempuan, namun laki-laki dan anak-anak juga menjadi sasaran kejahatan ini. 

2. Swedia

Ilustrasi kekerasan.

Photo :
  • Pixabay

Swedia kini menjadi negara dengan jumlah pemerkosaan tertinggi kedua di dunia, setelah Afrika Selatan, yaitu 53,2 per 100.000. Statistik sekarang menunjukkan bahwa 1 dari setiap 4 perempuan Swedia menjadi korban pemerkosaan. Namun jika Anda melihat jumlah pemerkosaan, peningkatannya bahkan lebih buruk lagi.

Pada tahun 1975, hanya ada 421 kasus pemerkosaan yang dilaporkan ke polisi. Kemudian, pada tahun 2014, jumlahnya mencapai 6.620 kasus. Itu merupakan peningkatan sebesar 1,472%. Tampaknya Swedia adalah tempat yang jauh lebih berbahaya bagi perempuan di dunia.

3. Amerika Serikat

Ilustrasi kekerasan.

Photo :
  • shutterstock.com

Menurut Universitas George Mason, Statistik Serangan Seksual Sedunia, 1 dari 3 wanita Amerika akan mengalami pelecehan seksual selama hidup mereka. Sekitar 19,3% perempuan dan 2% laki-laki pernah diperkosa setidaknya sekali dalam hidup mereka. 

Selain itu, diperkirakan 43,9% perempuan dan 23,4% laki-laki mengalami bentuk kekerasan seksual lain selama hidup mereka. Banyak korban pelecehan seksual yang menjadi korban pada usia muda, sekitar 79% pertama kali diperkosa sebelum usia 25 tahun, dan 40% sebelum usia 18 tahun. 

4. Inggris dan Wales

Ilustrasi kekerasan seksual.

Photo :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa

Pemerkosaan di Inggris bukanlah pelanggaran yang netral gender. Ini adalah pelanggaran yang hanya dapat dilakukan oleh laki-laki terhadap seseorang. Selain itu, Inggris hingga saat ini belum mengikuti tren di banyak negara yang mengklasifikasikan tindakan selain penetrasi dengan penis (misalnya penetrasi dengan benda, jari) sebagai pemerkosaan. 

Sekitar 85.000 orang menjadi korban pemerkosaan per tahun di Inggris dan Wales dengan 73.000 perempuan dan 12.000 laki-laki, setara dengan sekitar 230 kasus setiap hari. Laporan tersebut menyatakan bahwa 1 dari setiap 5 perempuan pernah mengalami beberapa bentuk kekerasan seksual sejak usia 16 tahun. 

Ilustrasi pelecehan seksual pada pria/kekerasan.

Photo :
  • Pexels/RODNAE Productions

Pemerkosaan dan kekerasan seksual adalah masalah besar di India. Menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional (NCRB), kejahatan terhadap perempuan telah meningkat sebesar 7,5% sejak tahun 2010. Jumlah laporan pemerkosaan di India, negara berpenduduk lebih dari 1,2 miliar orang, telah meningkat menjadi 33.707 pada tahun 2013 dari 24.923 pada tahun 2012.

Mayoritas korban pemerkosaan berusia antara 18 hingga 30 tahun. Sekitar satu dari tiga korban berusia di bawah 18 tahun, dan satu dari sepuluh korban pemerkosaan berusia di bawah 14 tahun. Di India, seorang perempuan diperkosa setiap 20 menit sekali. Berdasarkan statistik tahun 2013, New Delhi adalah wilayah dengan jumlah kejahatan pemerkosaan tertinggi di India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya