Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menghadiri rapat koordinasi dengan Menko Polhukam RI, Hadi Tjahjanto terkait komunikasi dan informasi usai Pemilu 2024. Budi Arie menyebutkan,  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berhasil melakukan take down ribuan hoaks, dimulai dari tahapan Pemilu 2024 berlangsung.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

"Ini landscape isu hoax terkait pemilu dari 17 Juli 2023 hingga 18 Maret 2024. Itu kan tahapan pemilu sudah mulai kan 17 Juli. Itu ada 274 isu hoax, sementara jumlah sebaran hoaks itu mencapai jumlahnya adalah 3.235 hoaks, di mana 1.974 hoaks kita takedown," kata Budi Arie dalam konferensi pers di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2024.

Selain itu, Budi Arie menjelaskan bahwa ribuan data yang teridentifikasi hoaks oleh Menkominfo tidak di-takedown karena tak berdampak signifikan terhadap isu-isu terkini.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Ilustrasi berita hoax.

Photo :
  • Pixabay

"Nah pertanyaannya, sisanya kemana? Itu kita stempelin hoaks. Itu hoaks yang enggak perlu di-takedown, cukup distempel aja. karena isunya, judulnya enggak masuk akal," kata dia. 

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

Kendati demikian, Budi Arie memastikan rapat koordinasi dengan Menko Polhukam ini berjalan dengan lancar dan mengantisipasi berbagai hal yang tak diinginkan usai Pemilu 2024.

"Bahwa rapat hari ini sudah membahas antisipasi dan langkah-langkah di ranah komunikasi khususnya di ruang digital kita," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan situasi usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih tergolong kondusif dan aman terkendali.

Hal itu disampaikan Hadi usai memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Secara umum, situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali," kata Hadi dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2024.

Hadi menyebutkan, tahapan Pemilu 2024 masih terus berjalan. Pihaknya pun masih memantau tahapan Pemilu yang memasuki proses rekapitulasi tingkat nasional hingga pengumuman resmi dari KPU RI.

"Ini tahapan Pemilu 2024 masih berjalan dan kita terus memantau tahapan Pemilu yakni rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilu oleh KPU," ujarnya.

Lebih lanjut, dia pun mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga situasi usai Pemilu 2024 ini. Menurut Hadi, keberhasilan penyelenggaraan Pemilu ada di tangan pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Untuk itu kita bersama-sama hendaknya mengamankan proses demokrasi yang sedang berjalan ini dan ikut juga menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan agar tetap kondusif dan terwujud harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin kokoh dan kuat," kata Hadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya