Menko Hadi Rapat Bareng Kabareskrim hingga Menkominfo, Cegah Info Hoaks Pasca Pemilu

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Presiden RI Jokowi.
Sumber :
  • VIVAcoid

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI menggelar rapat koordinasi jelang pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2024. Rapat koordinasi itu menyertakan sejumlah pimpinan lembaga dan kementerian terkait.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Agenda rapat membahas pengamanan informasi dan komunikasi pasca pemungutan suara Pemilu 2024. Rapat digelar di Ruang Bima, Kemenko Polhukam RI, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2024.

Selain Menko Hadi, rapat dihadiri Menkominfo Budi Arie, Kepala BSSN, Hinsa Siburian, Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar, Deputi Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN).

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Hadi mengatakan rapat koordinasi membahas terkait isu-isu yang mengemuka khususnya perbincangan di ruang publik tentang pemilu dan pasca pemungutan suara.

"Sebagaimana yang sudah saya sampaikan seminggu yang lalu bahwa saat ini situasinya adalah kondusif dan aman. Oleh sebab itu, kita akan terus menjaga situasi ini, situasi kondusif dan aman ini sampai dengan berakhirnya tahapan Pemilu 2024," kata Hadi.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Presiden Jokowi bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri ATR/BPN AHY

Photo :
  • Antara

Dari rapat koordinasi ini, Hadi mengatakan dirinya dapat laporan terkait langkah antisipasi dan langkah yang telah diambil.

"Langkah-langkah itu sudah dilakukan untuk apa? Agar informasi yang beredar di media massa maupun di media sosial tidak menggangu kondisi dan kondusifitas yang ada saat ini," kata Hadi.

Pun, dia mengingatkan agar dalam kesempatan ini, awak media massa bisa menyampaikan narasi yang kondusif.

"Dan pada kesempatan ini saya juga mengimbau kepada rekan rekan media juga dapat ikut menyampaikan narasi-narasi yang baik dan menyejukkan tentunya," lanjut eks Panglima TNI itu.

Dalam kesempatan sama, Menkominfo Budi Arie mengatakan berdasarkan data, suasana pasca pemilu 2024 lebih baik jika dibanding Pemilu 2019.  

"Rapat hari ini sudah membahas antisipasi dan langkah-langkah di ranah komunikasi khususnya di ruang digital kita. Dan memang menurut data-data, suasana lebih baik dibanding pemilu 2019. Sangat lebih baik," tuturnya.

Sebelumnya, Hadi Tjahjanto mengatakan situasi usai Pemilu 2024 masih tergolong kondusif dan aman terkendali. Hadi bilang demikian usai memimpin rapat koordinasi (rakor) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Secara umum, situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali," kata Hadi dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya