Gempa Tuban Bergetar Sampai Jateng dan Yogyakarta, BMKG Catat 7 Kali Gempa Susulan

Gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang Tuban, Jawa Timur
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Yogyakarta –  Gempa bumi terjadi di Tuban Jawa Timur pada Jumat, 22 Maret 2024, siang. Sejumlah daerah merasakan gempa yang cukup kuat, terutama di pantura Jawa Timur seperti Tuban, Gresik dan Surabaya.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Tak hanya Jawa Timur, gempa berkekuatan Magnitudo 6.0 itu juga terasa hingga Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan data BMKG yang dikirimkan Stasiun Geofisika Banjarnegara kepada VIVA, sejumlah daerah dilaporkan dirasakan gempa dengan skala yang berbeda, diukur berdasarkan Modified Mercalli Intensity atau MMI. Semakin besar angka MMI, berarti semakin besar getaran yang dirasakan.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Data BMKG yang dikirimkan Staasiun Geofisika Banjarnegara, di Tuban gempa terasa pada skala IV-V MMI. Di Bawean III - IV MMI.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Kemudian di daerah Jawa Timur lainnya yaitu Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Pacitan, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, dan Malang terasa pada skala II - III MMI.

Gempa juga terasa hingga ke Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan skala II - III MMI. Yaitu di Jepara, Kudus, Blora, Pekalongan Semarang, dan Yogyakarta.

Seperti diberitakan, gempa bumi dengan Magnitudo cukup besar terjadi pada hari Jumat, 22 Maret 2024. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 11.22.45 WIB. Pusat gempa berada di titik 5.74 LS,112.32 BT, berada di 132 KM timur laut Tuban Jawa Timur, berada di kedalaman 10 kilometer.

BMKG juga mencatat telah terjadi gempa susulan sebanyak 7 kali dalam kurun waktu 2 jam sejak gempa pertama. Getaran gempa susulan berkekuatan antara magnitudo 3.2 hingga 5.3.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya