Prabowo-Gibran Menangi Pilpres 2024, KPK Tagih Janji

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyatakan bahwa pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terpilih menjadi pemenang pilpres 2024. KPK pun mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran.

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri berharap bahwa pemimpin selanjutnya Republik Indonesia bisa membawa negara ini menjadi lebih baik.

"KPK meyakini kepemimpinan baru Republik Indonesia di periode mendatang akan membawa Indonesia melangkah maju lebih baik," ujar Ali Fikri dalam keterangannya, dikutip Jumat 22 Maret 2024.

Ekonom Sebut Omnibus Law Jadi PR Prabowo-Gibran

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Ali menjelaskan bahwa lembaga antirasuah akan siap dalam memberantas korupsi di kepemimpinan Prabowo-Gibran. KPK akan tetap berdiri pada pendiriannya sebagai lembaga independen.

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

"KPK sebagai lembaga penegak hukum yang independen dan mengemban amanat upaya pemberantasan korupsi, akan mendukung program-program yang akan dijalankan Pemerintah, khususnya dalam penegakan hukum dan penguatan pemberantasan korupsi," kata Ali.

Maka itu, Prabowo-Gibran diharapkan bisa menuntaskan terkait dengan komitmennya yang telah disampaikan di gedung merah putih KPK beberapa waktu lalu.

Prabowo pernah berkomitmen saat itu, bahwa dirinya akan melakukan penguatan dalam reformasi politik, hukum dan birokrasi serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Penguatan reformasi politik, hukum dan birokrasi serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi; memperkuat KPK dan komitmen untuk memperketat seleksi pimpinan KPK sesuai standar tinggi, menjadi bagian dari fokus utama visi, misi dan strategi Pemerintah mendatang dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia," kata Ali.

"Untuk itu, KPK siap bersinergi dengan seluruh aparat penegak hukum dan masyarakat luas untuk mendukung pemenuhan komitmen pasangan terpilih dalam memperkuat penegakan hukum, termasuk dalam pemberantasan korupsi di Indonesia," lanjutnya.

Pidato Prabowo-Gibran Mengawal Suara Rakyat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian, Jubir berlatar belakang jaksa itu mengatakan penguatan pemberantasan korupsi akan berdampak positif dalam mendukung pembangunan dan kemajuan ekonomi bangsa.

Sebelumnya diberitakan, Pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. 

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat membacakan hasil Pemilu 2024 usai merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional, Rabu, 20 Maret 2024. 

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

Dari rekapitulasi hasil Pemilu 2024, Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,83 persen. Kemudian disusul pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua.

Anies dan Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara atau 25,05 persen. Terakhir, ada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 27.040.878 atau 16,53 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya