Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Ketua Ormas Rekat Indonesia Raya, Eka Gumilar.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Dinamika menuju Pilkada 2024 sudah menghangat yang salah satunya terkait bursa calon Bupati Bandung. Ketua Ormas Rekat Indonesia Raya, Eka Gumilar disebut kemungkinan dijagokan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) maju di Pilkada Kabupaten Bandung.

PKS Mengaku Siap Hadapi Koalisi Enam Partai di Pilkada Depok 2024

Ketua Bidang Humas DPP PKS Ahmad Mabruri, mengatakan figur Eka Gumilar potensial untuk jadi calon pemimpin daerah khususnya di Bandung Barat. Maka itu, Eka mesti mulai intensif bisa bangun komunikasi dengan struktural PKS baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Koordinasi dengan melakukan komunikasi dianggap penting karena PKS Jawa Barat tengah melakukan penjaringan bakal calon bupati maupun wali kota. Mabruri tak menafikan juga sudah berkoordinasi dengan teman-teman di Jawa Barat atau Jabar terkait proses penjaringan bakal calon bupati atau wali kota di sejumlah daerah.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

"Untuk Bandung Barat sudah ada beberapa nama sebenarnya yang sudah diusulkan oleh teman-teman DPD PKS Jawa Barat. Saya dengar ada pak Eka Gumilar kemarin. Ada koordinasi dari DPP pada teman-teman DPD PKS Bandung Barat untuk ikut serta seleksi," kata Mabruri dikutip pada Minggu, 28 April 2024.

Ilustrasi kader PKS dalam acara partai

Photo :
  • Dok. PKS
Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Selain Eka, kabarnya ada dua nama lain yang juga diusulkan ke DPP PKS untuk jadi calon Bupati Bandung. Adapun yang mengusulkan nama-nama tersebut adalah DPD PKS Jabar.

Mabruri menambahkan, PKS Jabar akan mengumpulkan nama-nama bakal calon bupati atau wali kota terlebih dahulu sebelum disetorkan ke DPP PKS. Selanjutnya, DPP PKS akan melakukan seleksi sebelum diputuskan secara resmi nama calon bupati dan wali kota yang diusung.

“Jadi, Pak Eka harus intens komunikasi. Setelah itu baru diajukan. Kan sistemnya kita tidak top down tapi bottom up. Dari kabupaten mengajukan nanti kita proses seleksinya,” ujarnya.

Sementara, Eka Gumilar merespons potensi dirinya yang diusung PKS di Pilkada Bandung Barat. Namun, ia menjawab diplomatis perihal peluang diusung tersebut. “Saya harus kulo nuwun dulu ke teman-teman PKS baik yang provinsi dan kabupaten," tuturnya.

Eka menuturkan politik itu selalu dinamis termausuk pilkada. Ia bilang jika Eka jadi calon bupati maka ia mengaku mesti pertimbangkan segala sesuatunya. Meski demikian, dia mengaku akan patuh pada kebijakan PKS.

“Saya akan banyak mendengar dulu masukan kawan kawan didaerah. Insya Allah, jika Allah mudahkan semua akan berjalan lancar, mohon doanya saja, juga dari kawan-kawan media,” ujar Eka.

Eka Gumilar dikenal sebagai tokoh pendiri ormas Rekat Indonesia Raya bersama eks Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Rekam jejak Eka juga aktif dalam menggalang pertemuan tokoh nasional lintas suku budaya dan agama.

Selain itu, Eka Gumilar juga dikenal luas sebagai aktivis senior. Status Eka juga salah satu sebagai ketua cluster Bidang Komunikasi dan kebijakan Publik Dewan Pakar DPP PKS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya