Gempa Magnitudo 6,5 Kembali Guncang Tuban, Getaran Terasa hingga Semarang

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Tuban – Gempa kembali mengguncang Tuban pada Jumat, 22 Maret 2024, sore. Kali ini getaran gempa mencapai Mag 6.5, lebih besar dibanding gempa di lokasi yang sama pada Jumat siang yang mencapai Mag 6.1.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Seperti pada siang adi, getaran pada Jumat sore ini juga kembali terasa hingga Kota Semarang. Warga merasakan getaran gempa bahkan lebih kuat. "Terasa mentul-mentul," kata Agung, warga Medoho Semarang," Jumat, 22 Maret 2024

Warga kecamatan lainnya di Kota Semarang juga merasakan hal yang sama. Holy misalnya. Warga Tembalang tersebut merasakan getaran yang cukup mengagetkan, karena jarang-jarang gempa terasa di Kota Semarang.

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

"Di Ketileng kenceng poolll.... barusan," kata Holy.

Gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang Tuban, Jawa Timur

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Sementara di Krapyak Semarang Barat, warga bahkan berhamburan keluar rumah karena gempa yang terasa kuat.

"Tadi keluarga di Semarang kasih info gempa terasa. Ini saya posisi di Solo juga kerasa," kata Iwan, warga Semarang yang sedang tugas di Solo.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa cukup kuat terjadi di Tuban pada Jumat 22 Maret 2024 jam 11.22 WIB, dengan kekuatan Mag 6.1.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 11.22.45 WIB. Pusat gempa berada di titik 5.74 LS,112.32 BT, berada di 132 KM timur laut Tuban Jawa Timur, berada di kedalaman 10 kilometer.

Kemudian terjadi beberapa gempa susulan dengan getaran paling besar pada Jumat sore pukul 15.52 WIB dengan kekuatan Mag 6.5.

Berdasarkan info yang dikirimkan Stasiun Geofisika Banjarnegara, lokasi gempa pada Jumat sore ada di titik 5.76 LS,112.33 BT (130 km TimurLaut TUBAN-JATIM), kedalaman:10 km.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya