Menguak Rahasia di Balik Kehebatan Kopassus yang Disegani di Dunia

VIVA Militer: Prajurit Kopassus TNI AD ikut dalam Apel Kesiapsiagaan Pasukan
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kopassus, singkatan dari komando Pasukan Khusus, adalah pasukan elit TNI Angkatan Darat yang terkenal dengan kemampuannya yang luar biasa dan keberaniannya yang tidak tertandingi. Di balik reputasi gemilang mereka, terdapat proses pelatihan yang brutal dan melelahkan.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Melansir dari berbagai sumber, Selasa, 26 Maret 2024, salah satu latihan Kopassus yang terkenal paling brutal adalah Latihan Selam Tempur. Dalam latihan ini, para prajurit diharuskan menyelam di laut dalam tanpa alat bantu pernapasan. Mereka hanya berbekal pisau dan tabung oksigen kecil yang dipegang dengan tangan.

Para prajurit harus berenang di bawah air, mencari rintangan dan menyelesaikan misi tanpa terdeteksi. Latihan ini bukan hanya menguji kemampuan fisik, tetapi juga mental dan daya tahan para prajurit.

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

Latihan Prajurit Kopassus

Photo :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

Selanjutnya ada latihan hujan terjun, ujian yang tidak kalah mengerikan. Para prajurit diterjunkan ke hutan belantara tanpa perbekalan dan peta. Mereka harus bertahan hidup dengan mencari makan dan membangun tempat berlindung sendiri. Latihan ini mengasah kemampuan navigasi, survival dan adaptasi para prajurit di alam liar.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Latihan Mountainering atau pendakian gunung merupakan latihan yang menguji ketahanan fisik dan mental para prajurit. Mereka harus mendaki gunung-gunung tinggi dengan membawa perlengkapan lengkap, dalam cuaca yang ekstrem. Latihan ini untuk melatih kedisiplinan, kegigihan dan pantang menyerah para prajurit.

Latihan Airborne atau terjun payung melatih para prajurit untuk terjun dari pesawat dengan ketinggian tertentu dan mendarat di zona sasaran. Latihan ini membutuhkan keberanian, ketenangan, dan kekuatan.

Yudha Wastu Pratiwi latihan penanggulangan teror yang diwarnai dengan simulasi pertempuran jarak dekat yang dihadapkan pada situasi pertempuran yang realistis. Para prajurit harus menggunakan segala kemampuan dan taktik untuk mengalahkan musuh. latihan ini untuk melatih refleks, kecepatan, kemampuan berpikir cepat para prajurit dalam situasi genting.

Gultor atau Gerilya lawan teror merupakan latihan anti teror yang dirancang untuk melatih para prajurit dalam menangani situasi penyanderaan dan pembajakan. Latihan kni sangat menegangkan dan penuh risiko, karena para prajurit dihadapkan pada situasi yang mirip dengan kenyataan

Setiap prajurit Kopassus harus melewati semua latihan ini dengan sukses. Latihan-latihan ini dirancang untuk menempa mereka menjadi prajurit yang tangguh, berani dan siap sedia untuk melakukan tugas negara di mana pun dan kapan pun.

Proses pelatihan kopassus bukan hanya tentang fisik, tetapi juga mental dan spiritual. Para prajurit diajarkan tentang nilai-nilai patriotisme, kehormatan dan kesetiaan. Mereka dididik untuk menjadi prajurit yang profesional dan bermoral, yang selalu siap untuk membela bangsa dan negaranya.

Latihan Kopassus memang brutal dan berbahaya, tetapi itulah yang menjadikannya sebagai pasukan elit yang disegani di seluruh dunia. Para prajurit kopassus bukti nyata bahwa manusia mampu mencapai hal-hal luar biasa jika mereka memiliki tekad dan keberanian yang kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya