Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan
Sumber :
  • Antara

Jakarta - Jalan Demak-Kudus yang sempat terendam banjir disebut telah bisa dilewati saat mudik Lebaran 2024. Korps Lalu Lintas Polri mengatakan kalau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, kondisi jalur itu telah 95 persen normal lagi.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Dari PUPR sudah menjamin waktu pengerjaan perbaikan ini h-10 tadi sudah mantap sudah 95 kemantapannya artinya bisa dilalui dengan baik," ujar Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan, Kamis 28 Maret 2024.

Jalur Pantura Demak-Kudus Terputus Akibat Tanggul Sungai Jebol

Photo :
  • Antara
Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan antisipasi jika banjir terjadi lagi. Untuk itu, pengalihan arus telah disiapkan. Dirinya mengatakan, ada tiga jalur yang bakal disiapkan guna pengalihan arus jika Demak-Kudus kembali banjir.

"Pengalihan arus nanti ada yang melalui Sayung, Purwodadi, Blora, Rembang. Kemudian melalui Semarang, Kedungmundu langsung ke Kudus ya. Ada terkahir yang melalui Semarang, Purwodadi, Blora, Rembang," kata dia lagi.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Sebelumnya diberitakan, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengungkapkan untuk mempercepat proses surutnya genangan banjir di Kabupaten Demak, khususnya di Kecamatan Karanganyar dikerahkan sebanyak 22 unit mesin pompa penyedot air.

"Kapasitasnya tentu cukup besar karena mencapai 11.000 liter per detik untuk menyedot air genangan banjir," katanya saat mendampingi Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi pada acara penyerahan bantuan pangan untuk korban banjir di tempat pengungsian SD Negeri 3 Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Demak, Minggu, 24 Maret 2024.

Viral Banjir Lumpuhkan Jalur Demak-Kudus

Photo :
  • cherryblossoms11_

Selain menyurutkan air banjir yang menggenangi permukiman warga, katanya, air yang menggenangi akses jalan di Jalur Pantura Demak-Kudus juga mulai surut, sehingga bisa dilalui kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya