Gudang Kodam Jaya Meledak di Ciangsana Berisi 160 Ribu Amunisi Kedaluawarsa

Kebakaran besar terjadi pada gudang bahan peledak milik TNI di perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kota Bekasi, Jawa Barat, terbakar pada Sabtu 30 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

BogorPangdam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan mengatakan bahwa gudang peluru milik Kodam Jaya yang terbakar itu ternyata berisikan amunisi yang sudah kedaluwarsa.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Diketahui, Gudang amunisi milik Kodam Jaya TNI AD masih terjadi kebakaran. Gudang peluru tersebut berada di kawasan Ciangsana, Kabupaten Bogor. Saat ini sejumlah ledakan di gudang yang terbakar itu masih terjadi.

"Jadi pada pukul 18.05 tadi, ditemukan diksi adanya asap di gudang nomor 6. Ternyata terindikasi ledakan," ujar Mayjen TNI Mohammad Hasan kepada wartawan, Sabtu 30 Maret 2024.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Gudang munisi nomor 6 itu berisi amunisi-amunisi yang sudah kedaluwarsa dan pengembalian dari berbagai satuan yang dilayani di seluruh wilayah Kodam Jakarta ini dan kita ada 160.000 jenis dan bahan peledak," lanjutnya.

Pandam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Photo :
  • Tangkapan layar.
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Hasan memastikan bahwa sejauh ini pengecekan di lokasi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. "Dan sampai dengan saat ini kami sudah mengecek seluruh lokasi, di arah pemukiman tidak ada korban jiwa," kata dia.

Pun, lagi-lagi Hasan menjelaskan bahwa saat ini petugas gabungan belum bisa merapat ke lokasi kebakaran untuk melakukan proses pemadaman.

"Tapi pastikan bahwa sistem pengulangan di Kodam Jaya ini sudah sangat aman karena lokasinya berada di banker dan di atasnya ada tanggul-tanggul yang mengamankan, namun jika ledakannya ke atas bisa menyebar sampai ke beberapa tempat," kata Hasan.

Hasan menyebut bahwa sistem keamanan di lokasi gudang peluru itu sudah sesuai prosedur. Ia belum bisa menampik penyebab kebakaran itu.

"Tapi kami pastikan bahwa prosedur maupun sistem pengamanan di gudang ini sudah sedemikian rupa seperti ini, akan aman," tukasnya.

Sebelumnya, Kebakaran besar terjadi pada gudang bahan peledak milik TNI di perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kota Bekasi, Jawa Barat, terbakar pada Sabtu 30 Maret 2024 sore sekitar pukul 18:30 WIB dan hingga api masih menyala hingga saat ini.

Anggota Sektor Cileungsi Damkar Kabupaten Bogor, Jajuli menjelaskan hingga kini pihaknya juga masih melakukan penanganan atas kasus kebakaran tersebut.

"Iya, itu katanya ada berapa gudang (bahan peledak) yang terbakar," ujar Jajuli dalam keterangannya, Sabtu 30 Maret 2024. 

Jajuli mengatakan gudang tersebut masih terbakar hingga saat ini, pihaknya juga menghimbau warga sekitar agar menjauh untuk menghindari ledakan. "Iya, makanya agak sedikit ngeri juga ngedeket," ujarnya. 

Lokasi gudang bahan peledak berada di perbatasan yang masuk wilayah Kabupaten Bogor dan masuk wilayah Kota Bekasi.

"Katanya gerbangnya masuk Ciangsana masuk ke wilayah Kabupaten Bogor. Terus yang bagian gudangnya masuk Kota Bekasi. Damkar Gunung Putri udah meluncur," ujarnya. 

Sementara hingga kini penyebab kebakaran sendiri masih belum diketahui. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya