Sosok Marsdya Tonny Harjono, Eks Ajudan Jokowi yang Ditunjuk Jadi KSAU

Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tonny Harjono jabat KSAU
Sumber :
  • Antara

VIVA – Presiden RI, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, telah menunjuk Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo. Fadjar digantikan karena memasuki masa pensiun pada tanggal 9 April 2024.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 pada tahun 2024 mengenai pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU.

Sosok Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Komandan Lanud (Danlanud) Adi Soemarmo Solo, Kolonel Pnb M Tonny Harjono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq.

Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono kelahiran Jakarta, 4 Oktober 1971. Tonny Harjono merupakan Perwira Tinggi (Pati) Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1993.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Ia adalah salah satu Pati TNI Angkatan Udara yang memiliki rekam jejak sangat cemerlang di dunia militer Angkatan Udara. Pria berusia 52 tahun itu pernah menjabat sejumlah posisi penting di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Tonny pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Timika, Papua. Saat masih menjabat sebagai Kolonel, ia pernah memimpin satuan penerbang tempur sebagai Komandan Wing Udara 5 Sultan Hasanuddin Makasar. 

Tahun 2014 ia dipercaya menjadi Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Dua tahun kemudian kariernya melesat naik. Tahun 2016-2018 dia kembali dipercaya menempati posisi Komandan Lanud Adi Soemarmo. Setelah itu kembali ditugaskan ke Jakarta untuk menjadi Komandan Lanud Halim Perdanakusuma tahun 2018-2020.

Pria asal Jakarta ini kembali dipercaya menempati posisi Staf Khusus Kasau tahun 2020. Hanya beberapa bulan menjabat, ia ditunjuk sebagai Panglima TNI saat itu, Marsekal Hadi Tjahjanto, untuk membantu Presiden Jokowi sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Kementerian Sekertariat Negara Republik Indonesia (Kemsetneg RI).

Presiden Jokowi memberikan arahan di Rapim TNI-Polri

Photo :
  • Tangkapan layar

Selama dua tahun menjabat sebagai Sesmilpres Kemsetneg RI mendampingi Presiden Jokowi, Marsekal TNI M. Tonny Harjono tidak merasa puas dengan pencapaiannya.

Dalam masa jabatannya, ia berhasil membawa nama baik bagi TNI Angkatan Udara, yang diakui pada bulan Agustus 2021 ketika Kasau Marsekal TNI Fadjar Presetyo memberikan Bintang Tanda Kehormatan Swa Bhuwana Paksa Pratama kepada Marsekal TNI Tonny, yang dulunya merupakan Ajudan Presiden Jokowi.

Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama adalah bentuk penghargaan dari negara kepada prajurit TNI Angkatan Udara yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa luar biasa yang melebihi panggilan kewajiban mereka untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Udara tanpa mengganggu tugas pokok mereka.

Selain itu, Marsekal Muda TNI Tonny juga terkenal sebagai salah satu Pati TNI Angkatan Udara yang telah mengemudikan beberapa pesawat tempur TNI AU. Di antara pesawat-pesawat tersebut termasuklah Hawk MK-53, jet tempur F-16 Fighting Falcon, Sukhoi 27, dan Sukhoi 30.

Tidak hanya itu, sebagai orang dekat Presiden Jokowi, Marsekal TNI Tonny Harjono juga diakui sebagai salah satu Pati TNI Angkatan Udara yang mengawal kunjungan spektakuler Jokowi ke Ukraina dan Rusia beberapa waktu lalu. Sebagai jenderal TNI Angkatan Udara, ia turut bertanggung jawab atas keselamatan Presiden Jokowi di tengah situasi konflik antara Ukraina dan Rusia.

Pada Rabu, 13 Juli 2022 ia dipercaya menempati jabatan strategis di lingkungan TNI Angkatan Udara sebagai Komandan Kodiklatau menggantikan Marsdya TNI Nanang Santoso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya