Malioboro Jadi Tujuan Wisatawan, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Libur Lebaran 2024

Kawasan Malioboro Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Yogyakarta – Kawasan Malioboro masih menjadi magnet untuk kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta selama libur Lebaran 2024. Bagi wisatawan yang merayakan libur Lebaran di Yogyakarta tentu merasa belum lengkap jika tak singgah ke Malioboro.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan wisatawan, pihak Polresta Yogyakarta pun melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di Malioboro.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Mariyanto mengatakan selama libur Lebaran 2024 atau tepatnya H-5 sampai H+5, aturan car free night di Malioboro ditiadakan. Biasanya Jalan Malioboro disterilkan dari kendaraan bermotor sejak pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

"Kegiatan car free night untuk sementara ditiadakan. Mulai H-5 hingga H+5 Lebaran," kata Mariyanto di Kantor Wali Kota Yogyakarta, Senin 1 April 2024.

Kawasan Malioboro.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi
5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Selain meniadakan car free night, Mariyanto membeberkan rekayasa lalu lintas juga akan diberlakukan di kawasan Malioboro. Tujuannya untuk mengurangi kepadatan kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Malioboro.

"Rekayasa lalu lintas kita siapkan di jalur Malioboro karena menjadi ikon Kota Yogyakarta yang pasti ramai dikunjungi. Rekayasa lalu lintas diberlakukan saat volume kendaraan meningkat maupun saat normal," ujar Mariyanto.

Mariyanto menjelaskan dalam kondisi lalu lintas lancar, kendaraan bermotor milik wisatawan bisa langsung masuk ke kawasan Malioboro yaitu dari arah Jalan Mataram dan Jalan Abu Bakar Ali.

Sementara saat ada penumpukan kendaraan, akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas yaitu dari Gardu Anim akan langsung lurus menuju ke Jalan Pasar Kembang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya