Menko PMK Umumkan Diskon Tarif Tol 20 Persen untuk Pemudik, Berlaku Mulai Besok

(FOTO ILUSTRASI) Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama.
Sumber :
  • ANTARA/HO - Jasa Marga

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengumumkan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk para pemudik hari raya Idul Fitri tahun ini. Diskon tersebut akan diberlakukan selama tiga hari, terhitung 3-5 April 2024. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Untuk arus mudik akan dimulai tanggal 3 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April 2024 pukul 05.00 WIB. Untuk arus balik akan dimulai tanggal 16 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan 19 April 2024 pukul 05.00 WIB," kata Muhadjir saat konferensi pers, Selasa, 2 April 2024.

Tak hanya itu, lanjut Muhadjir, pihaknya juga memberikan diskon untuk Gerbang Tol non Jawa (luar Jawa). Pemberian diskon tersebut berlaku selama 17 hari mulai tanggal 5 April 2024 sampai dengan 19 April 2024.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Menko PMK Muhadjir Effendy.

Photo :
  • Agus Rahmat/VIVA.

Muhadjir menjelaskan, diskon yang diberikan yakni potongan tarif 20 persen dari tarif normal yang berlaku di ruas utama jalur mudik dan jalur balik. Pemotongan tarif berlaku di keluar/masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalikangkung. Sementara ruas tol yang dilewati adalah Palimanan-Kanci, Semarang-Batang, dan Jakarta-Cikampek. 

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Muhadjir menekankan, kebijakan pemberlakuan diskon tarif tol pada ruas jarak jauh ini karena 41 persen pemudik menggunakan jalur tersebut. Ia berharap, dengan diberlakukannya diskon tarif tol ini bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas selama arus mudik dan arus balik. 

"Saya (juga) menyampaikan apresiasi kepada PT Jasa Marga, BPJT (Badan Penyelenggara Jalan Tol), BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) atas kebijakan pemberian diskon tarif tol yang berlaku," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya