Jurus Irjen Suwondo Antisipasi Macet Libur Lebaran di Yogyakarta

Kawasan Malioboro Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

YogyakartaMenyambut masa libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memasang tambahan kamera CCTV di beberapa titik di DIY. Pemasangan tambahan kamera CCTV ini akan dipakai untuk memantau kelancaran arus lalul lintas di DIY selama Libur Lebaran 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta, Irjen Suwondo Nainggolan mengatakan pemasangan tambahan CCTV ini adalah kerja sama dari Pemerintah Daerah DIY, Polda DIY dan Kakorlantas Mabes Polri. Pemasangan CCTV ini jadi bagian implementasi mewujudkan smart city.

Suwondo menerangkan ada puluhan kamera CCTV yang akan dipasang di berbagai titik di DIY. Pemasangan CCTV ini juga bagian dari pelaksanaan Operasi Ketupat Progo 2024 yang dilaksanakan dari 4 hingga 16 April 2024.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

"Ada 22 titik kamera. Nanti bisa menghitung jumlah kendaraan. 21 titik yang bisa menghitung jumlah orang. Sarana ini akan kita gunakan sebagai basis data keselamatan lalu lintas," kata Suwondo pada Senin, 1 April 2024.

Kombes Suwondo Nainggolan memberikan arahan di Polda Metro Jaya.

Photo :
  • VIVA/Bayu Nugraha
Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Suwondo merinci penggunaan kamera CCTV ini juga akan dipakai untuk memprediksi titik-titik kemacetan di DIY, termasuk titik kemacetan di tempat-tempat wisata.

Suwondo menyebut pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk memastikan kelancaran dan keamanan kendaraan pemudik yang melintas di DIY. Meski demikian, rekayasa lalu lintas ini hanya dilakukan waktu-waktu tertentu saja.

"Apakah akan dilakukan contra flow atau yang lain, waktunya ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuhan," ucap Suwondo.

Suwondo menambahkan pihaknya juga menyiapkan sekitar 4000 personel untuk melakukan pengamanan selama masa Libur Lebaran. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya