Sidang Sengketa Pilpres, Yusril Ungkit Peran Mendes Abdul Halim Menangkan Cak Imin

Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menyinggung peran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar dalam memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pilpres 2024. Sebab, Mendes Abdul Halim merupakan kakak kandung Cak Imin.

Deklarasi Dukung Anies Maju Pilgub Jakarta, FBJ: Jadi Magnet yang Sangat Menarik

Hal tersebut disampaikan Yusril merespons pandangan ahli yang dihadirkan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, yaitu Hamdi Muluk dalam sidang pembuktian perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar

Photo :
  • Kemendes PDTT
Demokrat Tak Butuh Cagub Jakarta yang Cari Popularitas 2029, Sindir Anies?

Mulanya, Yusril memberikan respons pandangan Hamdi Muluk terkait adanya peningkatan dukungan elektoral terhadap petahana atau pasangan capres-cawapres yang didukung petahana dalam kontestasi pemilihan.

"Saudara ahli, mungkin saudara ahli lebih fokus pada petahana dan kalau petahana tidak maju, orang yang disupport oleh petahana, itu bansos akan berpengaruh kepada peningkatan dukungan terhadap petahana atau yang didukung oleh petahana dalam proses pemilihan," ujar Yusril dalam persidangan, Selasa, 2 April 2024.

Daftar Capres Iran Pengganti Ebrahim Raisi Diumumkan 11 Juni

Yusril menganggap bahwa berbagai pihak hanya fokus terhadap petahana. Ia mencotohkan Mendes Abdul Halim Iskandar yang menguasai penyaluran dana desa serta pendamping desa yang juga berpotensi dipolitisasi untuk memenangkan Cak Imin.

"Sebagai contoh misalnya penyaluran dana desa. Dana desa itu Rp 1 miliar per desa. Jumlah desa ini di negara kita 83.971 desa. Dan ada pendamping desa yang langsung itu di bawah kontrol Mendes. Apakah saudara ahli juga bisa melihat kaitan misalnya Mendes itu adalah adik dari Muhaimin Iskandar?" tegas Yusril.

"Kalau dikontekskan Jokowi dengan Gibran, apakah tidak relevan mengaitkan Muhaimin Iskandar dengan adiknya yang Mendes yang menguasai penyaluran dana desa ini. Mengapa hal ini luput dari perhatian?" sambungnya.

Hamdi Muluk

Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

Hamdi Muluk lantas menganggap hal itu bisa saja terjadi. Namun, dia mengaku tidak memiliki data detail soal korelasi Mendes dan langkah pemenangan pasangan capres-cawapres Anies-Cak Imin di Pilpres 2024.

"Itu juga berlaku untuk yang lain. Memang kalau kita mau studinya detail betul, kita bisa mengkonsiderasi data yang lebih lokal. Saya tidak punya data itu, saya punya data yang lebih universal menggambarkan fenomena ini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya