Jalan Tol Solo-Yogya Berlaku Fungsional saat Mudik, Buka Jam 6 Pagi hingga 5 Sore

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Jawa Tengah – Jalan tol Solo-Yogya akan digunakan secara fungsional pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Jalan yang sedang dalam proses pembangunan itu masih minim sarana, sehingga dibuka terbatas, dari jam 06.00 hingga jam 17.00 WIB.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

"Penggunaan jalan tol Solo-Yogya akan disesuaikan situasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kartasura. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan para pemudik mengingat jalur tol masih dalam tahap pembangunan," jelas Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Mapolda Jateng dikutip Selasa, 2 April 2024.

Minimnya sarana antara lain, di jalur tol fungsional belum terdapat rambu-rambu, lampu penerangan juga belum ada. Kondisi jalan yang masih dalam tahap pembangunan juga membuat kendaraan akan mengalami perpindahan jalur yang dilewati.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

"Jadi pagi kita buka, sore kita tutup. Jalur juga masih zigzag dari jalur A beralih ke jalur B lalu masuk lagi jalur A," ungkapnya.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Untuk menjaga arus lalu lintas tetap lancar, pihaknya akan menyiagakan sejumlah anggota di jalur tol fungsional. Penanganan arus mudik di tol fungsional akan melibatkan tiga Polres yaitu Boyolali, Karanganyar, dan Klaten. Kepadatan diperkirakan akan terjadi di wilayah Ngawen, Klaten yang merupakan tempat keluar masuk kendaraan di jalur tol fungsional.

"Jadi nanti tiga Kapolres akan selalu berkoordinasi untuk kelancaran arus. Taktis dan teknis dikendalikan oleh Kapolres Karanganyar," kata Kapolda.

Pihaknya juga menyiapkan tim urai kemacetan yang akan selalu berpatroli mobiling untuk menangani kepadatan arus lalu lintas. Petugas memakai roda dua, berpatroli dan terus memantau perkembangan melalui HT. Jika di suatu wilayah ada kemacetan bisa segera dikendalikan.

Tol Solo-Yogyakarta.

Photo :
  • Dokumentasi Jasa Marga.

Kapolda juga meminta masyarakat yang akan menggunakan jalur tol fungsional agar waspada dan berhati-hati mengingat kondisi jalan yang masih dalam tahap konstruksi.

Sebagai informasi, jalan tol fungsional Solo-Jogja akan mulai dibuka untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 dari tanggal 5 sampai 15 April 2024.

Laporan Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya