Aparat Gabungan TNI-Polri Kontak Tembak di Papua, Tokoh KKB Abu Bakar Kogoya Tewas?

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta - Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon membenarkan terjadinya kontak tembak antara aparat keamanan gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, di wilayah Distrik Tembagapura Mimika Papua pada Kamis, 4 April 2024 sore ini.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Kontak tembak tersebut dipicu oleh bunyi letusan senjata di area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura," kata Richard pada Kamis, 4 April 2024.

Evakuasi anggota KKB yang tewas saat kontak tembak di Kali Brasa, Dekai, Kabupaten Yahukimo Papua Pegunungan.

Photo :
  • ANTARA
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Hal tersebut mengakibatkan para pendulang non karyawan atau masyarakat setempat lari ketakutan dan berlari ke arah Utikini. Merespon hal tersebut, aparat keamanan gabungan TNI-Polri bergegas merapat ke lokasi.

"Aparat keamanan gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz TNI-Polri, bersama Koops Habema HABEMA dengan sigap bergegas merapat ke TKP (tempat kejadian perkara) dan sontak terjadi kontak tembak," katanya.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Pasca kontak tembak, lanjutnya, ditemukan adanya dua orang korban jiwa di pihak KKB Papua, yang diyakini salah satu diantaranya adalah Abubakar Kogoya. Ditemukan pula sepucuk pistol. Sementara itu, dia memastikan di pihak aparat keamanan gabungan TNI-Polri tidak ada kerugian jiwa maupun senjata.

"Keberhasilan aparat keamanan gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua," katanya lagi.

Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024