Sri Mulyani Tegaskan Anggaran Bansos Tak Berubah Signifikan, Termasuk saat Pemilu 2024

Menkeu Sri Mulyani Hadiri Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JakartaMenteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani mengatakan bahwa dana perlinsos dan bansos tak ada perubahan yang signifikan dalam waktu enam tahun terakhir. Salah satunya pada periode pemilu 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Hal tersebut diungkap Sri Mulyani saat hadir di sidang sengketa hasil pilpres 2024 yang digelar di MK, Jumat 5 April 2024.

"Didalam APBN 2024, tidak terdapat perubahan yang signifikan pada anggaran bansos yang dikelola oleh Kemensos," ujar Sri Mulyani di ruang sidang.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

"Realisasinya penggunaan anggaran perlinsos sampai Februari 2024, yang dalam hal ini dianggap sesuai dengan lini masa pemilu capres dan cawapres serta pemilihan legislasi pada Februari," imbuhnya.

Menkeu Sri Mulyani Hadiri Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Sri Mulyani menjelaskan bahwa sejumlah anggaran terkait dengan penyaluran bansos sudah sesuai dengan tupoksinya. Ia menyebut bahwa penyaluran bansos pada Februari 2024 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab bulan itu bansos mencapai Rp12,8 triliun.

"Sampai dengan februari 2024. Untuk penyaluran program keluarga harapan bagi 10 juta keluarga penerima manfaat dan kartu sembako bagi 18,7 juta keluarga penerima manfaat. Realisasinya subsidi dan belanja lainnya mencapai 15, 3 T dan realisasinya perlinsos lainnya 9,8T," kata Sri Mulyani.

"Apabila dilihat dalam chart tersebut, realisasinya anggaran perlinsos dna bansos dari kemensos 6 tahun terakhir yaitu dari 2019-2024 periode yang sama, Januari hingga Februari, tidak terdapat perbedaan pola realisasinya belanja perlinsos kecuali pada tahun 2023," lanjutnya.

Sri Mulyani menegaskan bahwa perubahan yang signifikan justru terjadi pada dua bulan pertama di tahun 2023. Hal itu karena pemerintah masih melakukan pendataan ulang dari Kemensos RI.

"Dimana perbedaan signifikan adalah pada kealisasi Bansos Kemensos yang cukup rendah pada 2 bulan pertama dikarenakan adanya pendataan kembali kerja sama antara kemensos dengan perbankan," kata dia.

Maka itu, Sri Mulyani menuturkan bahwa anggaran perlinsos dan bansos tahun 2024 tidak mengalami perubahan.

"Anggaran perlinsos telah dianggarkan di dalam APBN tahun 2024 sesuai pembahasan dan persetujuan DPR dan pola realisasinya tidak terdapat perbedaan dibandiangkan 6 tahun sebelumnya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya